31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaEdukasiProdi DIII Teknologi Laboratorium Medis UNIMERZ Gelar Seminar Akhir

Prodi DIII Teknologi Laboratorium Medis UNIMERZ Gelar Seminar Akhir

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Program studi (Prodi) Diploma 3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Fakultas Teknologi Kesehatan Universitas Megarezky (Unimerz) sukses menggelar Seminar Akhir Praktek Klinik I (Puskesmas), di Ruang Perpustakaan Politeknik Kesehatan Megarezky, Sabtu (7/1/2023).

Diketahui, Seminar Akhir Praktek Klinik I (Puskesmas) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa prodi DIII TLM. PK 1 ini merupakan tahap akhir dari mata kuliah PK 1, dengan diikuti oleh ratusan mahasiswa tingkat II, yang tersebar di 17 lahan praktek puskesmas wilayah Gowa, Makassar dan Maros.

Nantinya, Praktek Klinik ini akan berlangsung selama 4 minggu, dengan pendampingan dari Dosen Prodi dan Bagian Lab Puskesmas.

Dalam keterangannya, Resi Agestia Waji, S.Si., M.Si selaku Ketua Program Studi DIII TLM Unimerz, menuturkan bahwa Seminar Akhir Praktek Klinik tersebut menjadi salah satu poin penilaian mata kuliah dan wajib diikuti oleh calon peserta praktek.

“Seminar Akhir ini merupakan salah satu poin penilaian dari matakuliah PK1 dan bersifat wajib untuk diikuti oleh peserta mata kuliah, dengan tujuan sebagai wadah penilaian, sharing informasi serta diskusi antara Dosen pembimbing, CI Lahan serta Mahasiswa terkait apa yg telah dijalani selama 4 minggu di Puskesmas masing-masing,” ungkapnya.

“Selain itu, CI Lahan juga memberikan masukan terhadap hasil yg dipaparkan oleh mahasiswa juga tentunya masukan kepada Prodi yg sifatnya konstruktif untuk pelaksanaan PK1 selanjutnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata dia, pada seminar tersebut membahas terkait jenis-jenis pemeriksaan yang digunakan saat praktek hingga program-program apa saja yang dapat dilakukan mahasiswa nantinya.

“Pembahasan hasil praktik puskesmas, meliputi jenis pemeriksaan yang dilaksanakan, jenis-jenis alat instrumentasi yg dipergunakan, keikutsertaan mahasiswa dlm program puskesmas serta diskusi terkait masukan-masukan dari CI Lahan dan CI Institusi,” ujar sosok yang kerap disapa Eci itu.
Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, Kaprodi DIII TLM Unimerz berharap agar mahasiswa bisa mendapatkan tambahan ilmu dan pengamalan pada saat mengikuti praktek klinik.

“Harapan kami untuk mahasiswa, bisa mendapatkan tambahan ilmu sesuai kompetensi mereka sebagai ATLM dan membuat mereka menjadi lebih percaya diri dalam menjalankan pemeriksaan serta menjadi bekal untuk mengikuti Praktik Klinik II (Balai) pada semester berikutnya. Dan untuk lahan praktik, terjalinnya kerjasama yang saling membangun untuk pengembangan instansi masing-masing. Untuk Prodi, seminar ini mampu menjadi wadah pemenuhan kompetensi peserta didik sehingga mampu melahirkan alumni-alumni siap kerja dan bersaing dibidangnya,” kuncinya.

Sebagai informasi, turut hadir pada pelaksanaan Seminar Akhir Praktek Klinik I tersebut yakni, Ketua Program Studi DIII TLM, Kepala Puskesmas Bajeng Gowa, Kepala Puskesmas Somba Opu Gowa, Kepala Laboratorium Puskesmas Somba Opu Gowa, seluruh Dosen/Staf DIII TLM, Laboran Prodi DIII TLM, serta mahasiswa DIII TLM angkatan 2021.Unimerz

spot_img

Headline

Populer