25 C
Makassar
Friday, May 24, 2024
HomeHeadlinePSM Makassar Layak Juara Liga 1 Musim Ini

PSM Makassar Layak Juara Liga 1 Musim Ini

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – PSM Makassar diambang juara Liga 1 musim 2022-2023. Penantian selama 23 tahun itu bakal segera berakhir.

Terbaru, Juku Eja kembali menjaga asah tangga juara usai mempermalukan Persikabo 1973 pada laga pekan ke-29 dengan skor tipis 0-1, berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Kamis (9/3/2022).

Melalui gol semata wayang striker lokal Ramadhan Sananta di penghujung babak kedua, membuat Pasukan Ramang kembali meraih poin penuh di laga tandang kali ini.

PSM saat ini masih nyaman memimpin klasemen dengan 65 poin. Mereka unggul 13 poin dari pesaingnnya Persib Bandung yang menduduki urutan kedua dengan 52 poin, sementara Persija Jakarta berada satu strip di bawahnya dengan 51 poin.

Hitung-hitungannya, Juku Eja hanya butuh 8 poin untuk mengantar mereka menjadi juara, mengingat poin maksimal yang bisa diraup Persib Bandung selaku pesaing terdekat adalah 73 poin.

Dengan tambahan delapan poin, PSM yang saat ini mengoleksi 65 poin bakal memiliki 73 poin di akhir musim, setara dengan poin maksimal Persib tetapi Juku Eja berhak juara karena unggul head-to-head di mana dalam dua pertemuan musim ini, mereka menang 5-1 dan 2-1 atas Maung Bandung.

Skuad asuhan Bernardo Tavarez ini sangat layak merengguh trofi Liga 1. Pasalnya, mereka adalah satu-satunya tim yang paling konsisten di setiap pekannya.

Dari 29 laga, Willjan Pluim Dkk baru menelan 2 kali kekalahan, yakni saat menjamu Madura United di pekan ke 15 kemudian saat menghadapi Persija Jakarta di pekan ke 20.

Adapun hasil seri, sebanyak 8 kali, kemudian sisanya mampu menyapu bersih kemenangan dengan sempurna.

Selain itu, Laskar Phinisi juga merupakan tim paling produktif kedua setelah Bali United dengan selisih 4 gol untuk saat ini, (Bali United 58 Gol ) (PSM 54 Gol).

Selain unggul di profuktifitas Gol, PSM juga sangat perkasa di lini pertahanan. Sejauh ini, Juku Eja paling sedikit kebobolan, dengan hanya kemasukan 22 gol dan 11 kali clean sheet.

Perpaduan antara pemain asing dan lokal di lini bertahan PSM membuat penjaga gawang Reza Arya menjadi penjaga gawang yang paling sedikit memungut bola dari gawangnya.

Bernando Tavares Enggan Berbicara Juara

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavarez belum ingin berbicara soal Juara. Pelatih berusia 42 tahun itu tak mau jemawa, menurutnya, perjuangan tim nya belum berakhir.

Pelatih asal Portugal itu husjtru meminta anak asuhnya untuk bekerja keras agar mengamankan poin disetiap laga selanjutnya.

“Tidak (kepikiran juara), saya tidak akan bicara tentang dan soal (juara Liga 1) itu,” ujar Bernardo Tavares saat jumpa pres usai laga melawan Persikabo 1973, kemarin.

Tavares mengaku, saat ini pihaknya fokus mengamankan tiga besar terlebih dahulu, artinya mereka hanya butub satu poin lagi.

“Saya akan bicara bahwa kita masih butuh satu poin lagi untuk mengamankan tiga besar, sisanya kita akan pikirkan satu pertandingan demi satu pertandingan lagi,” ujarnya.

spot_img

Headline

Populer

spot_img