26 C
Makassar
Wednesday, April 17, 2024
HomePolitikRaih Suara Tertinggi di Pileg DPR RI, Rusdi Masse Bicara Peluang Maju...

Raih Suara Tertinggi di Pileg DPR RI, Rusdi Masse Bicara Peluang Maju Pilgub Sulsel

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Ketua DPW NasDem Rusdi Masse Mappasessu berpeluang kembali memecahkan rekor suaranya pada Pemilu 2024 ini. Mantan Bupati Sidrap dua periode itu mencalonkan diri calon anggota legislatif (caleg) DPR RI di Daerah Pemilihan Sulsel III.

Merujuk pada perhitungan suara atau real count pemilihan umum legislatif (Pileg) 2024 di Sulawesi Selatan (Sulsel) terus diperbarui KPU. Khusus di daerah pemilihan (dapil) Sulsel III, real count KPU sudah mencapai 68 persen suara masuk.

Dilihat di laman pemilu2024.kpu.go.id, Rabu (21/2/2024), pada pukul 16.00 Wita, suara masuk progres 5410 dari 7955 TPS (68,01) persen. Dari data tersebut suara Rusdi Masse  atau RMS mencapai 116.005 suara.

Diketahui, Dapil Sulsel III ini meliputi Kabupaten Toraja Utara, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo. Caleg memperebutkan 7 kuota kursi Senayan di dapil ini.

Sebagai informasi, hasil yang ditampilkan KPU tersebut bukan hasil akhir Pemilu 2024. KPU menyatakan publikasi form model C/D hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan memudahkan akses informasi publik.

Kaitan hal ini, saat dimintai tanggapan perihal raih suara terbanyak. Rusdi Masse menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang masih mempercayakan untuk terpilih kembali dengan meraih suara signifikan di dapil Sulsel III pada puleg 2024.

“Inilah pilihan masyarakat. Saya sebagai wakil rakyat dipilih kembali, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan ini. Tentu ini adalah amanah harus saya akan perjuangkan aspirasi nantinya,” kata RMS saat ditemui di Kantor DPW NasDem Sulsel,  Rabu (21/2/2024).

Untuk diketahui, peroleh suara yang dicapai RMS bukan hanya tertinggi di Dapil Sulsel III. Melain tertinggi dari semua caleg yang maju bertarungndi dapil Sulsel I, II dan III.

Tentu saja, sebaagi caleg pemilik suara terbanyak sementara di dapil Sulsel III diraih oleh petahana NasDem Rusdi Masse dengan perolehan 115.501 suara. Dengan demikian, menjadi modal besar untuk maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024.

Belum lagi NasDem menjadi pemenang di DPRD Sulsel yang jumlah kursi menjacapai 18-19. Bisa mengusung kader sendiri. Karena maksimal mengusung figur di Pilgub Sulsel maksimal 17 kursi.

Terkait dirinya yang berpeluang maju Pilgub Sulsel nantinya, RMS menyebutkan bahwa semua keputusan kembali pada DPP NasDem. Hanya saja saat ini belum ada tahapan Pilkada sehingga dirinya masih fokus menjalankan tugas di DPR RI.

“Sekarang kan saya masih jalankan tugas DPR RI. Kalau peluang, tentu semua orang yang ikut maju pilgub dan pilkada 2024, mereka berpeluang bisa diusung NasDem,” jelas mantan Bupati Sidrap itu.

Untuk pilkada 2024 akan digelar 27 November mendatang. Termasuk hajatan pilhub Sulsel. Dengan jadwal dan tahapan nanti, Ketua OKK DPP NasDem iti menilai bahwa masih menunggu jadwal dan tahapan proses pilkada 2024.

Menurutunya, setelah ini tahapan pilkada jalan. Tentu haris ada kesiapan partai untuk, apalagi tahapan berjalan setelah proses pileg.

“Kan tahapan akan dimulai pilkada, jadi partai pasti siap. Pernah saya kan bilang target 18  kursi DPRD Sulsel, untuk mengusung sendiri kader maju pilgub 2024. Nanti diusung siapa, Ketua atau figur lain, kan ada mekanisme partai,” jelas mantan Bupati Sidrap dua periode ini.

Menjawab pertanyaan jika kedepan DPP mengintruksikan untuk maju di Pilgub 2024. Dia menegaskan bahwa akan mempertimbangkan, karena semua keputusan dijalankan kader partai dengan melihat peluang dan dinamika politik jelang pilkada dan prosesnya.

“Jika DPP instruksikan, dipercayakan, itu tentu belum dibicarakan sekarang karena tidak boleh mendahului tahapan. Sekarang kan tahapan masih pileg, belum ada proses soal pilkada atau Pilgub, kan belum buka pendaftaran. Untuk kesiapan nantilah dibicarakan oleh partai,” tuturnya.

Peluang semua orang yang ikut maju pilgub dan pilkada 2024 ingin maju berpeluang bisa diusung NasDem. Baik internal dan eksternal.

Data sementar perolehan Kursi Partai NasDem untuk DPRD Sulsel 2024. Bisa mengusung sendiri Kader internal di Pilgub .

Dapil Sulsel 1: 2 kursi

Sulsel 2: 1

Sulsel 3: 1

Sulsel 4: 2

Sulsel 5: 1

Sulsel 6: 2

Sulsel 7: 1

Sulsel 8: 1

Sulsel 9: 5

Sulsel 10: 1

Sulsel 11: 2.

Total kursi: capai 19.

spot_img

Headline

Populer

spot_img