Renang Dapat Mengatasi Saraf Terjepit?

Ilustrasi Renang/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Anda penggemar olahraga renang? Mungkin salah satu olahraga ini bisa mengatasi penyakit saraf terjepit, atau dalam bahasa ilmiahnya disebut hernia nukleus pulposus. Selain dari obat- obatan atau terapi fisik lainnya.

Hernia nukleus pulposus (HNP) adalah kondisi ketika bantalan atau cakram di antara vertebrata (tulang belakang) keluar dari posisi semula dan menjepit saraf yang berada di belakangnya. Kondisi ini juga disebut dengan istilah saraf terjepit.

Secara umum, hernia nukleus pulposus atau saraf terjepit dapat membaik dalam hitungan hari atau minggu. Namun, jika gejala yang dialami pasien tidak kunjung reda, saran untuk melakukan terapi fisik untuk mengatasi saraf terjepit, seperti olahraga peregangan otot dan latihan posisi tubuh tertentu, akan diberikan.

Jangan hanya duduk atau berbaring berjam-jam hanya karena Anda merasa sakit akibat kondisi saraf terjepit ini. Dilansir dari Live Strong, hal ini justru bisa melemahkan otot dan membuat sendi Anda jadi tegang sehingga menjadi kaku atau sulit untuk digerakkan.

Di awal masa mengalami hernia nukleus pulposus, Anda mungkin akan merasa sulit untuk bergerak karena rasa sakit. Mengapung di air bisa mengurangi beban Anda ketika Anda ingin bergerak. Dibandingkan hanya berbaring di tempat tidur, Anda bisa mencoba masuk ke dalam pinggiran kolam renang dan berjalan pelan-pelan. Anda bisa merasakan perbedaannya, punggung Anda akan terasa lebih baik dibandingkan hanya duduk atau berbaring di tempat tidur.

Kenapa Anda merasa lebih ringan ketika berada di dalam air? Karena berat badan Anda akan berkurang akibat ditopang oleh air, sehingga mengurangi beban tubuh Anda dan memudahkan Anda untuk bergerak. Berenang selain bisa membantu menguatkan otot tulang belakang juga bisa menguatkan bantalan yang cedera. Berenang tidak menyebabkan bantalan yang cedera terkena benturan ataupun tertekan sehingga bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri yang dirasakan akibat saraf terjepit.

BACA JUGA :  Renang dapat Atasi Rasa Sedih Karena Patah Hati

Apa yang harus Anda perhatikan?

Sebelum Anda memulai renang untuk mengatasi saraf terjepit, ada baiknya konsultasikan hal ini lebih dulu dengan dokter. Jika Anda diperbolehkan untuk renang, namun Anda takut untuk memulai gerakan renang, cobalah dengan berjalan-berjalan pelan dulu di pinggiran kolam renang. Anda akan merasakan perbedaannya.

Jangan mencoba gaya renang yang justru memaksa atau membebani punggung belakang Anda, misalnya gaya renang kupu-kupu. Anda juga bisa meminta bantuan ahli terapi fisik untuk menjadi instruktur sementara jika Anda terlalu takut untuk mencoba memulai olahraga ini. Satu hal yang pasti adalah Anda harus memulai olahraga ini secara perlahan.
SUMBER: Hellosehat.com