Rivalitas TP-FAS Diprediksi Terulang, TSM Dinilai Jadi Penentu

Pemerhati Politik Parepare, Muhammad Ali.(ist)

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pasca Bakal Calon Wali Kota Parepare Tasming Hamid (TSM) urungkan niat untuk ikut bertarung pada Pilkada Parepare tahun 2018 mendatang, skenario Head to Head antara Taufan Pawe (TP) dan Faisal Andi Sapada (FAS) pun bakal terjadi. Pasalnya, kedua kandidat tersebut telah memenuhi syarat 20% kursi DPRD.

Di samping itu, hingga saat ini Taqyuddin Djabbar (TQ) yang disebut-sebut bakal membuat poros baru, hingga kini belum menemui jalan keluar. Hal itu, lantaran TQ tak kunjung memperoleh dukungan dari jalur partai politik, begitupun dengan jalur perseorangan yang sudah tertutup.

Terkait hal tersebut, Pemerhati Politik Parepare, Muhammad Ali mengatakan, jika sekiranya TQ tidak berhasil memperoleh dukungan parpol sebesar 20%, maka di pastikan terjadi Head to Head. Artinya, kata dia, pilihan cuma ada dua kandidat yaitu TP dan FAS.

Dia menjelaskan, dengan kondisi TSM yang mundur dari kontestasi Pilkada, maka tidak dapat disimpulkan bahwa akan ada kandidat yang akan diuntungkan. Karena, katanya, proses Pilkada 2018 masih kurang lebih tujuh bulan.

Dia mengemukakan, elektabilitas setiap calon berfluktuatif ibarat gelombang laut, dan tergantung nanti para calon meyakinkan masyarakat mengenai visi misi yg ditawarkan. Yang jelas, lanjut dia, petahan sudah mengantongi elektabilitas mininmal 20%, walaupun belum bergerak sama sekali.

“Di satu sisi, TSM akan mengarahkan dukungannya pada kandidat yang akan diusung oleh Partai Demokrat. Sebab, TSM punya kepentingan untuk duduk kembali di DPRD,” katanya, Minggu (10/12/2017).

Dia mengungkapkan, gerbong TSM boleh dikata terbilang banyak, dan patut diperhitungkan. Menurutnya, TSM harus tetap solid dalam menghadapi Pilkada mendatang, dengan tetap mengikuti perintah partai. Apalagi, lanjutnya, TSM terbilang masih muda, dan sebagai merupakan generasi pelanjut dalam Partai Demokrat Parepare.

BACA JUGA :  Taufan Vidcon Bersama Kemendagri, Bahas Kesiapan Daerah Tangani Covid-19

“Dukungan TSM juga pasti sangat berpengaruh. Karena, TSM merupakan peraih suara terbanyak pada Pileg Parepare 2014 lalu. Ditambah, sosialisasi selama ini yang dia lakukan sangat signifikan pengaruhnya terhadap Pilkada mendatang. Bahkan, dibeberapa survei TSM termasuk salah satu figur yang paling diunggulkan pada posisi 02,” bebernya.

Saat disinggung terkait peluang TSM untuk menjadi 02 saat Injury Time, Mantan Komisioner KPU Parepare tersebut menerangkan, dalam politik semuanya bisa terjadi. Sebab, jelasnya, bisa saja ada calon 01 yang dianggap cocok untuk berpasangan dengan TSM, yang bisa membawa kemenangan pada Pilkada mendatang.

Diketahui, TP dan FAS pernah bertarung pada Pilkada 2008 lalu. Namun, berdasarkan dengan perolehan hasil suara, TP berpasangan Arvanita Andi Dengkeng lebih unggul dari FAS berpasangan Paseng Madong, di mana TP meraih suara sebanyak 19.089 suara atau 28,97% dan FAS sebanyak 9.378 suara atau 14,23%. Rivalitas keduanya, diprediksi besar akan terulang kembali pada Pilkada 2018 mendatang.