28 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaNasionalSisi Lain Habib Kribo, Dermawan: Pernah Jatuh Miskin Hingga Jual Nasi Kibuli

Sisi Lain Habib Kribo, Dermawan: Pernah Jatuh Miskin Hingga Jual Nasi Kibuli

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kemunculan Zein Assegaf alias Habib Kribo cukup fenomenal dan ikut meramaikan perdebatan di media sosial.

Sosoknya menuai perhatian lantaran sering bicara keras melawan radikalisme. Dia bahkan secara terbuka mengkritik tajam tokoh agama lain seperti Habib Bahar bin Smith hingga Habib Rizieq Shihab.

Namun dibalik sikap keras yang dia pertontonkan, Habib Kribo ternyata memiliki sejarah perjalanan hidup yang cukup panjang. Dia dikenal sangat dermawan, hal itu diceritakan Habib Bakar Smith melalui akun Twitternya.

Dia mengatakan, banyak orang menilai seseorang dari kesantunan yang dikemas demi pencitraan. Banyak orang tidak tahu, dibalik gaya bicara keras Habib Kribo disebut ada kelembutan hati.

“Dibalik gaya bicara kasar dan penampilan garangnya ketika bicara tentang intoleransi depan kamera, ada desir kelembutan hati dan belur derita besar yang mengiringi setiap detak jantungnya.” tutut Habib Kribo, (18/1/2022).

Habib Kribo, kata dia, adalah sosok dermawan. Dia sangat terbuka menyediakan tempat dirumahnya bagi siapapun yang datang bertamu.

“Rumahnya menjadi hotel bintang 5 gratis bagi siapapun dari luar Jakarta yang singgah dan bermalam bahkan tak jarang menjadi tamu lebih dari sebulan tanpa perubahan dalam kualitas pelayanan dan kehangatan.” katanya.

Perjuangannya melawan radikalisme disebut sudah lama dia lakukan. Hanya saja, dirinya dimasa dulu belum setenar saat ini.

Habib Kribo disebutnya juga sempat jatuh miskin. Menjual rumah untuk menyekolahkan anak hingga harus tinggal di apartemen yang harus dia sewa perbulan.

“Tanpa gengsi, ia mengontrak apartemen bulanan sambil berjuang menjual nasi kebuli di sekitar parkiran apartemen.” kata dia.

Sejauh ini, Habib Kribo masih terus bicara lantang mengkritik sejumlah habib lain. Dia begitu lantang menentang tokoh agama dengan pengikut besar seperti Habib Rizieq dan Habib Bahar.

(*)

spot_img

Headline

Populer