24 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaMetropolisSongsong Tahun 2023 Penuh Optimisme, IKA Unhas Jabodetabek Gelar Unhas Talks

Songsong Tahun 2023 Penuh Optimisme, IKA Unhas Jabodetabek Gelar Unhas Talks

- Advertisement -

JAKARTA, SULSELEKSPRES.COM – Kegiatan Unhas Talks: Outlook Indonesia Tahun 2023 yang diselenggarakan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) wilayah Jabodetabek dalam rangka menyongsong Tahun 2023 dengan penuh optimisme menghadirkan 3 Narasumber dengan latar belakang berbeda yang membahas persoalan Indonesia dari sisi ekonomi, politik dan hukum, Sabtu (14/1/2023).

Acara yang dibuka langsung oleh Ketua IKA Unhas Jabodetabek sekaligus Ketua Harian Pengurus Pusat IKA Unhas, Muhammad Ismak, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan acara yang dikemas dengan nama “Unhas Talk” ini akan rutin dilaksanakan dengan menagngkat tema beragam, baik dari politik dan hukum.

“Kegiatan seperti ini saya harap dapat dirutinkan dan tema yang diangkat sebisa mungkin lintas ilmu” tuturnya saat saat sambutan di Ismak Building, Bilangan Tebet Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, Andi Muhammad Sadat, PhD, salah satu narasumber Unhas Talks menjelaskan bahwa dari sisi ekonomi, dirinya menggambarkan tahun 2023 sebagai tahun yang menggembirakan tanpa perlu terpengaruh dengan pendapat ekonom yang seringkali overestimate dan melihat tahun 2023 sebagai tahun ketidakpastian, menurutnya kita punya peluang besar untuk terus maju.

“Kita punya peluang besar untuk terus maju, sehingga tidak perlu terlalu overestimate melihat isu ekonomi dan ketidakpastian ini. Selalu ada peluang dalam setiap momentum sehingga kita harus optimis,” tuturnya.

Di lain sisi, Drs. Hilmi R. Ibrahim, M. Si yang hadir sebagai pembicara dari sudut pandang politik menjelaskan bahwa politik yang terbangun hari ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kejadian politik di tahun-tahun sebelumnya, sehingga ia mengajak seluruh alumni Unhas untuk ikut berpartisipasi dan tidak alergi terhadap politik, sebab menurutnya setiap hal tentu berkaitan dengan politik utamanya dalam hal pengambilan kebijakan.

“Politik memerlukan SDM (Sumber Daya Manusia, red). Seluruh Alumni Unhas dengan kualitasnya yang tidak diragukan lagi harus ikut mengambil peran dan tidak alergi terhadap politik,” ajaknya.

Terakhir, pembahasan dari sisi hukum, Siking Suriyadi, SH, MH, advokat dan kurator yang juga hadir hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini mendeskripsikan potret hukum di 2023. Siking Suriyadi menjelaskan jika hukum merupakan instrumen untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, dirinya menuturkan bahwa dibutuhkan orang orang yang cerdas dan berintegritas untuk mengarahkan hukum ke arah keadilan, kepastian dan bermanfaat bagi seluruh elemen bangsa.

Dalam kegiatan Unhas Talks bertema “Indonesia Ekspose 2023: Perspektif Sosial, Politik Ekonomi dan Hukum ini, ketiga pembicara degan latar belakang keilmuan berbeda tampil bersemangat dan merupakan alumni Unhas. Kegiatan yang dihadiri puluhan Alumni Unhas dari berbagai fakultas ini juga dilanjutkan dengan ramah tamah dengan hidangan makanan khas Makassar seperti Coto Makassar, Apang, Nyuknyang dan makanan khas Bugis Makassar lainnya. Tampak hadir dalam kegiatan ini, Sekjen Ikafe Moh Suaib Mappasila dan Ketua Ika FIB Jabodetabek Dr. Andi Suriadi.

spot_img

Headline

Populer