24.6 C
Makassar
Selasa, November 30, 2021
BerandaDaerahStok Bahan Pokok di Gowa Jelang Ramadan Dipastikan Aman

Stok Bahan Pokok di Gowa Jelang Ramadan Dipastikan Aman

- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa memastikan bahwa stok bahan pokok jelang Bulan Suci Ramadan 2019 dipastikan aman. Hal itu dipastikan setelah melakukan High Level Meeting (HLM) di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa.

Dari hasil pantauan Dinas Perdagangan dan Perindustrian di Pasar Minasamaupa Sungguminasa, ketersediaan bahan pokok dipastikan aman, seperti beras, terigu, gula, ayam, gas elpiji, dan bumbu dapur. meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga yakni ayam boiler, cabe kecil, cabe merah besar, bawang putih, dan kentang.

BACA: Dinkes Imbau Masyarakat Berhati-hati Memilih Takjil saat Ramadan

Menanggapi hal ini, Perwakilan Dinas Peternakan, Anwar mengatakan ayam boiler jelang ramadhan dan idulfitri ini dipastikan aman dengan stok 2 juta ekor/ minggu dengan kisaran harga Rp 22 – 24 ribu/kg ditangan produsen, sedangkan ditangan konsumen akan menaikkan Rp 5-8 ribu/kg.

“Kita ada peningkatan stok, jika hari sebelumnya hanya 1,3 juta ekor/minggu, maka sekarang disapkan hingga 2 juta sehingga stok dipastikan aman meskipun permintaan meningkat,” ungkapnya.

Selain itu, untuk harga telur kini menjadi Rp 38 ribu/rak ditangan produsen, sedangkan saat dikonsumen akan menaikkan hingga Rp 45 ribu/rak.

BACA: Jelang Ramadan 2019, Trio Macan Rilis Single Religi

Sementara itu, untuk harga bawang merah yang sebelumnya berharga Rp 30 ribu/kg kini menjadi Rp 38-40 ribu/kg, begitupun dengan bawang putih yang mencapai harga Rp 45 ribu/kg, cane kecil kini menjadi Rp 30 ribu/ kg, cabe merah besar menjadi Rp 20 ribu/ kg, dan kentang kini Rp 13 ribu/kg.

Kendati demikian, meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, namun ada juga beberapa komoditas yang tidak naik, bahkan ada yang mengalami penurunan harga seperti tomat.

BACA JUGA :  Gowa akan Miliki Perpustakaan Ramah Ibu dan Anak

“Yang turun harga adalah tomat dari Rp 10 ribu/kg kini turun Rp 7 ribu/kg, dan harga yang stabil itu kacang-kacangan, gula pasir, terigu, ikan asin teri, dan gas elpiji,” jelasnya.

Penulis: M. Syawal
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3