31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaDaerahSukseskan Pilkades Jilid II, Bupati Bone Imbau Sub Panitia Solid

Sukseskan Pilkades Jilid II, Bupati Bone Imbau Sub Panitia Solid

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Bupati Bone A.Fahsar M Padjalangi bersama Wakil Bupati Bone H.Ambo Dalle menghadiri sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang Kedua tahun 2022 Kabupaten Bone bagi Sub Panitia Pemilihan Tingkat Kecamatan di Ballroom Novena Hotel, Jl Jend Ahmad Yani, Rabu (7/09) kemarin.

Turut Hadir Forkopimda Bone, Kepala OPD dan Forkopimcam, dan Satgas Covid-19.

Sosialisasi yang digelar untuk memberikan bimbingan teknis bagi Tripika. Usai, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tingkat Desa dari 141 desa dibekali bimteks sebelumnya.

Pantauan sulselekspres.com, Usai Bupati Bone membuka sosialisasi tersebut, kemudian dilanjutkan oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, dan Dandim 1407 Bone memberikan materi yang dipandu oleh Sekda H. Andi Islamuddin, bertindak selaku moderator.

Bupati Bone H.A.Fahsar M Padjalangi mengimbau kepada Sub Panitia Pemilihan Tingkat Kecamatan yang hadir, yakni Unsur Tripika agar senantiasa solid.

“Perlihatkan kesolidaritas di tengah-tengah masyarakat, sebab itu salah satu kunci suksesnya pilkades serentak,” imbuhnya.

Dikatakan, Bupati Bone dua periode ini menambahkan, kalau Kabupaten Bone menjadi indikator kesuksesan Pilkades serentak secara nasional.

“Bone telah terbukti sukses menggelar Pilkades serentak dengan peserta terbanyak sebelumnya. Makanya kesuksesan pilkades di Bone jadi contoh bagi kabupaten lain,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle menegaskan, kalau Pilkades kali ini merupakan pemanasan jelang pemilu 2024. “Jangan dianggap enteng pilkades ini, karena ini pemanasan dalam menghadapi 2024. Pastinya ada campur tangan para calon anggota dewan agar orangnya menang begitupun dengan calon bupati dan bahkan calon presiden,” tegasnya.

Mantan Ketua DPRD Bone dua periode ini, menjelaskan tujuan utama dari bimtek ini agar pemahaman panitia pilkades lebih luas, lebih paham regulasi peraturan daerah berkaitan dengan desa dan peraturan perundang-undangan lainnya terkait dengan desa.

BACA JUGA :  Empat Peserta dari Bone Pamerkan Inovasi Proyek Perubahan

“Oleh karena itu, bimtek ini sangat penting, karena kita tidak ingin BPD dan panitia nanti mengalami masalah. Oleh karena itu, diikuti dengan baik dan saya haqqul yakin kalau bapak dan ibu melakukan tugas dengan baik berdasarkan hasil dari bimtek yang diselenggarakan pada hari ini. Insya Allah gelombang kedua ini kita tidak mengalami permasalahan,” jelasnya.

Lebih lanjut, H Ambo Dalle mengingatkan panitia pilkades untuk netral, tidak memihak ke salah satu calon kepala desa. Termasuk, penempatan TPS nantinya harus ditempatkan di tempat yang strategis. Dan tidak boleh ditempatkan dekat rumah calon kepala desa.

“Panitia pilkades gelombang kedua harus netral dan tidak memihak ke salah satu calon,” ingatnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bone, Drs A Gunadil Ukra MM saat ditemui sulselekspres.com di ruang kerjanya, Kamis, (8/09) mengungkapkan, Bimtek yang dilaksanakan kemarin terkait aturan pelaksanaan pemilihan kepala desa serta untuk membangun sinergitas dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa yang demokratis dan berkualitas.

Sekedar diketahui, Pilkades serentak jilid II bakal digelar pada bulan November yang diikuti sebanyak 141 desa se-kabupaten Bone.

spot_img

Headline