23 C
Makassar
Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaParlemanSuporter PSM Bakal Kawal Tuntas Pembangunan Stadion

Suporter PSM Bakal Kawal Tuntas Pembangunan Stadion

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Suporter PSM Makassar ramai-ramai menumpahkan kekesalannya terkait belum jelasnya kelanjutan proses pembangunan Stadion Andi Matalatta, Mattoanging, kota Makassar.

Mereka secara bersama-sama menggeruduk kantor DPRD Sulawesi Selatan untuk menyampaikan aspirasi mereka. Para supporter ini meminta pihak DPRD Sulsel untuk mengawal proses pembangunan Stadion yang selama ini menjadi markas PSM Makassar.

Langkah ini mereka tempuh karena rasa percaya mereka kepada DPRD. Menurut Sekretaris Jenderal Red Gank PSM, Sadakati Sukma, DPRD meruopakan instansi paling tepat untuk mengawal secara langsung proses pembangunan stadion.

“Kita percaya sama DPRD. Mereka instansi paling dekat dan paling memungkinkan untuk mengawal pembangunan stadion. Kita minta mereka memastikan proses pembangunan stadion rampung 100 persen,” ujar pria yang akrab disapa Sadat tersebut kepada Sulselekspres.com.

Aspirasi mereka direspon positif oleh pihak DPRD. Para supporter ditemui langsung oleh wakil ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah. Menurut Sadat, Ni’matullah menegaskan bakal meneruskan aspirasi suporter kepada komisi terkait, untuk ditindaklanjuti dalam bentuk pengawalan.

“Pak Ni’matullah yang temui kita. Dia janji mau sampaikan ke Komisi E, dan siap mengawal proses pembangunan,” jelasnya, Kamis (11/2/2021) siang.

Lebih lanjut Sadat mengatakan, meskipun pihaknya mempercayakan proses pengawalan kepada DPRD, tetapi bukan berarti mereka lepas tangan. Para supporter akan terus melakukan pengawalan juga sampai proses pembangunan tuntas dikerjakan.

“Kita tentu tidak lepas tangan. Kemarin kita datang dalam jumlah sedikit, karena kita tahu suasana masih pandemi. Tapi kalau ini cuma janji, kami pastikan seluruh elemen supporter bakal turun melakukan aksi tuntutan dengan jumlah yang lebih besar,” tegas Sadat.

Di pihak lain, Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menegaskan, pembangunan Stadion Andi Matalatta merupakan proyek prioritas di tahun 2021 ini.

BACA JUGA :  Daftar Susunan Pemain PSM VS PSIS Semarang

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Azis, menegaskan, semua berkas yang dibutuhkan sudah beres. Sehingga proses lelang konstruksi segera dilakukan.

Selain itu, anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan stadion ini juga sudah mendapat tambahan sebesar 1,1 triliun rupiah. Sehingga, proses pembangunan diprediksi tidak akan menemui kendala.

“Susunan anggaran telah dirincikan, mulai dari Amdal sebanyak Rp 726 juta, Amdalin Rp 250 juta, sementara untuk DID sebanyak Rp 20 miliar dan di tahun 2021 ini anggarannya mencapai Rp 1,1 triliun untuk pembangunan konstruksi fisik,” ujar Arwin.

“Semua sudah terpenuhi anggarannya. Keliru jika dikatakan tidak dianggarkan dalam APBD. Sebagaimana pesan dari Pak Gubernur, dalam menjalankan pemerintahan semua tahapan harus dipenuhi,” lanjutnya.

Lebih jauh Arwin mengatakan, pembangunan Stadion Mattoanging membutuhkan beberapa tahapan dalam pembangunan. Apalagi, pihaknya senantiasa mengedepankan mitigasi risiko dalam pelaksanaan pembangunan.

“Diantara program prioritas, anggaran Stadion Mattoanginng lebih menyerap anggaran besar. Dipastikan sesuai dengan ketentuan yang ada, sehingga tahapan pembangunan yang dijalankan tidak menumbuhkan masalah di kemudian hari,” jelasnya.

Tanggapan Dispora ini diharapkan bukan sekadar omongan. Harapan besar supporter tertumpu pada pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Sehingga, para suporter berharap Stadion Mattoanging tidak bernasib sama seperti Stadion Barombong.

“Kita berharap itu bukan omongan belaka. Jangan sampai Mattoanging bernasib sama seperti Stadion Barombong yang mandek dan tidak jelas kelanjutannya,” tutup Sadat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline