26 C
Makassar
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaTopikTanggapi Bom Gereja di Makassar, Begini Kata Jusuf Kalla

Tanggapi Bom Gereja di Makassar, Begini Kata Jusuf Kalla

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Peristiwa ledakan diduga bom bunuh diri depan gerbang Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3) pagi. Membuat banyak pihak mengutuk aksi tersebut.

Menurut Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) mengatakan lokasi target dari aksi terorisme bukan hanya gereja.

JK mengungkapkan ada tempat-tempat lain yang juga jadi bidikan pelaku teror. Untuk itu, dia meminta seluruh elemen masyarakat bersama aparat keamanan bersatu padu memerangi pelbagai bentuk terorisme maupun ekstremisme.

Terlebih, lanjut dia, dalam waktu dekat akan ada peringatan wafatnya Isa Almasih, perayaan Paskah serta, jelang bulan Ramadan.

“Karena sekali lagi, karena target [mereka] bukan hanya gereja, tapi berbagai-bagai tempat jadi target teroris,” ungkap JK dikutip dari CNN Indonesia TV disiarkan Minggu (28/3) malam.

JK menuturkan ledakan bom bunuh diri sebelumnya juga pernah terjadi di Bali yang menyasar orang asing, bom di Cirebon yang menyasar masjid dan lain sebagainya.

Mantan Wakil Presiden RI itu pun meminta pemerintah dan masyarakat untuk senantiasa berhati-hati terhadap paham ekstremisme kekerasan. Sebab, menurut dia, paradigma berpikir para pelaku teror kerapkali ‘menjual murah surga’.

Itu sebab pula, dia mewanti-wanti masyarakat untuk waspada dan peka memperhatikan lingkungan sekitar.

“Kita semua, pemerintah, masyarakat, harus meningkatkan kehati-hatian dan juga kerja sama. Polisi, tentara, Ketua RT, RW, lurah, bupati, gubernur harus perhatikan masalah seperti ini [radikalisme] juga para ulama tokoh agama itu harus bersama melawan paham ini,” tandas dia.

BACA JUGA :  Jubir Wapres JK Ucapkan Selamat Bagi Pemenang Pilgub dan Pilwali
BACA JUGA :  PMI Sulsel Ajak Masyarakat Bantu Korban Gempa di Lombok
spot_img
spot_img
- Advertisment -

Headline