27 C
Makassar
Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaDaerahTaufan Pawe Paparkan Sosok Habibie Inspirasi dalam Membangun Parepare

Taufan Pawe Paparkan Sosok Habibie Inspirasi dalam Membangun Parepare

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Sosok Presiden RI Ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie adalah tokoh kebanggaan masyarakat Sulsel, khususnya Kota Parepare. Presiden pengganti dari Presiden Soeharto ini merupakan putra kelahiran Parepare, Kota Bandar Madani pada 25 Juni 1936.

“Parepare adalah kota yang punya identitas sebagai Kota Ulama dan Kota Santri. Dan juga kota kita ini adalah tempat lahirnya Bapak BJ. Habibie, ini merupakan fakta sejarah,” kata Wali Kota Parepare, Taufan Pawe pada Mubes Ke-V IKM Parepare di Hotel Dalton, Makassar, Sabtu (01/02/2020).

Taufan mengatakan, awal diberikan amanah membangun kota Parepare, Habibie dijadikan sumber inspirasi dengan membangun ikon khusus dan proyek pembangunan fisik.

Diantaranya, Monunen Cinta Sejati di alun-alun Kota Parepare, Balai Ainun Habibie. Karena bagi Taufan pendamping hidup Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7 ini adalah Kartini modern. Ainun adalah seorang dokter dan mahasiswi terbaik lulusan FK UI.

Untuk itu demi merawat dan menjaga nama besar BJ Habibie nama BJ Habibie dan istri disematkan dalam pembangunan di kota berpenduduk 140.423 jiwa (2016) ini. Sebuah institute pendidikan yang baru diberi nama BJ Habibie, demikian juga Rumah Sakit Regional yang akan diresmikan nama Habibie dan istrinya disematkan.

“Demi menjaga nama besar BJ Habibie, kami juga membangun Institute BJ Habibie. Dan tidak kalah pentingnya Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie,” ujarnya.

Ia membangun rumah sakit ini dengan konsep rumah sakit daerah. Sebab RS Rumah Andi Makkasau untuk rujukan 14 kabupaten/kota sudah sangat kewalahan melayani pasien. Setiap hari terdata 600 pasien rawat jalan, dan daya tampung rawat inap hanya 200.

Di awal pembangunan mencoba merintis sumber dana dari pusat, dana-dana alokasi khusus. “Namun, tidak bisa selesai, karena kondisi fiskal kita. Tetap tuhan berkata lain kembali hadir putra terbaik Kota Parepare terpilih menjadi Gubernur Sulsel,” katanya.

BACA JUGA :  Taufan Pawe Komitmen Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Nurdin yang kemudian hadir sebagai gubernur dalam visi- misinya menghadirkan enam rumah sakit regional di luar Kota Makassar. Ini cepat saya ditangkap dan terjemahkan. Ia pun menghadap kepada gubernur. saya menghadap mohon izin mempresentasekan rumah sakit ini.

“Rupanya Pak Gubernur tertarik menjadikan rumah sakit regional. Dengan mengalir tumpah darahnya Kota Parepare langsung dia mengatakan, ‘Kerjakan, laksanakan dan wujudkan, saya mau Parepare rumah sakit regional hadir di Parepare,” jelasnya.

Selain Habibie, Taufan juga menyebutkan Nurdin adalah kebanggaan dan kebangkitan masyarakat dan kota Parepare.

“Jangan sampai kita tidak mendukung dan memberikan support pada Pak Gubernur. Karena ini nama baik putera Parepare membangun Sulsel,” ungkapnya.

Lanjutnya, bahwa peresmian rumah sakit ini akan menjadi hadiah Hari Jadi Parepare pada 17 Februari mendatang. Gubernur Sulsel, menyerukan, agar seluruh elemen mendukung Pemkot Parepare dalam percepatan pembangunan dan pelayanan pada masyarakat.

“Saya optimis, visi untuk menjadi Kota Parepare menjadi lebih maju begitu kuat,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline