31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaDaerahTaufan Pawe Tampil dalam Podcast BPSDM Jawa Timur, Paparkan BJ. Habibie Sebagai...

Taufan Pawe Tampil dalam Podcast BPSDM Jawa Timur, Paparkan BJ. Habibie Sebagai Inspirasi Pembangunan

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, diundang untuk tampil dalam podcast Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur via channel Youtube BPSDM Jatim TV.

Podcast tersebut dipandu oleh Grace Mamahit, dengan durasi rekaman selama 15 menit.

Grace mengatakan, Taufan merupakan tamu istimewa, karena mampu menjadi seorang leader yang inovatif dan memiliki jiwa enterpreneur.

Sementara, Taufan memperkenalkan latar belakang karirnya dalam bidang hukum, yang ditempuh selama kurang lebih 30 tahun. Setelah itu, Taufan menceritakan awal mula dirinya didorong untuk maju Wali Kota Parepare oleh Presiden ke-3 RI BJ. Habibie, sebagai putra daerah pertama Parepare.

“Hidup ini pilihan, alhamdulillah hidup berkecukupan. Dan akhirnya saya putuskan waktunya untuk mengabdi. Alhamdulillah, Tuhan berkehendak saya menjadi Wali Kota Parepare pertama yang lahir dan besar di Parepare,” katanya.

Selanjutnya, Taufan memaparkan tentang Teori Telapak Kaki yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hanya saja, kata dia, Parepare tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA), dan lebih banyak bergerak dibidang jasa. Oleh karena itu, dirinya menjadikan BJ. Habibie sebagai sumber inspirasi pembangunan di Parepare.

“Parepare hanya memiliki kurang lebih 157 ribu jiwa. Saya punya mimpi orang yang datang di Parepare sebanyak 500 ribu jiwa pasangan telapak kaki. Tentu, itu harus diawali dengan Parepare menjadi Kota Tujuan. Bukan hanya transit, atau daerah lintas, tapi setiap akhir pekan, warga daerah sekitar berkunjung di Parepare, karena banyak hal-hal yang menjanjikan,” ungkapnya.

Wali Kota dua periode ini menerangkan, dengan teori telapak kaki ini, dapat menghidupkan dan memberdayakan UMKM, dan melahirkan ekonomi-ekonomi baru di Parepare.

“Contoh konkret yang terbaru yakni inovasi dan kemampuan untuk menjadikan Parepare sebagai home base PSM Makassar. Dan terbukti telapak kaki yang hadir pada saat laga PSM Makassar, tidak kurang dari 50 ribu,” paparnya.

BACA JUGA :  Buka Latsar CPNS Pemkot Parepare, Taufan Pawe Tekankan Tiga Pilar Pengabdian

Taufan juga tak lupa menceritakan kisahnya bersama BJ. Habibie, dan hingga kini Parepare memiliki branding BJ. Habibie, di mana sejumlah pembangunan yang ada identik dengan BJ. Habibie.

“Dan pada akhirnya Parepare kini dikenal secara luas,” tandasnya.

Sekarang diketahui, beberapa pembangunan di Parepare yang terinspirasi dari BJ. Habibie yakni, Monumen Cinta Habibie Ainun, Balai Ainun, Rumah Sakit Regional Hasri Ainun, Auditorium BJ. Habibie, Museum BJ. Habibie, Institut Teknologi BJ. Habibie (ITH), Masjid Terapung BJ. Habibie, Stadion Gelora BJ. Habibie (GBH).

Sebelumnya, Taufan Pawe menjadi pembicara pada pelatihan kepemimpinan nasional yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Jawa Timur, kemarin.

spot_img

Headline