24 C
Makassar
Senin, November 29, 2021
BerandaDaerahTekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Rumah Tunggu Kelahiran Gowa Mulai Dioperasikan

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Rumah Tunggu Kelahiran Gowa Mulai Dioperasikan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Dalam rangka menekan tingginya angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Gowa, Rumah Tunggu Kelahiran (RTK+) Appasalama Kabupaten Gowa mulai dioperasikan, Rabu (24/11/2021).

RTK+ yang dioperasikan atas hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Gowa dengan berbagai lembaga berlokasi di Perumahan Griya Indira II Jalan Gassing Dg Tiro Batangkaluku atau di depan RSUD Syekh Yusuf.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan saat meresmikan RTK tersebut mengatakan, RTK+ ini memiliki fungsi untuk menampung ibu hamil yang akan melahirkan beserta keluarganya maksimal dua orang. Mereka pun akan diawasi langsung oleh bidan yang ditugaskan selama 24 jam khususnya bagi ibu yang tinggal di daerah jauh.

“Kenapa harus ada RTK+ karena angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih cukup tinggi sehingga menjadi perhatian bersama termasuk di Kabupaten Gowa yang merupakan wilayah terbesar kedua di Sulsel,” ungkapnya.

Priska mengaku, tujuan RTK+ ini yakni mendekatkan akses kesehatan dan mencegah terjadinya penanganan kegawatdaruratan bagi ibu hamil, bersalin, nifas maupun bayi yang baru lahir dan akan ditanggung sepenuhnya oleh Jampersal sampai persalinan.

Tak hanya itu untuk menfasilitasi RTK+ ini, Priska yang juga Bunda PAUD Kabupaten Gowa akan menyiapkan ambulance PKK yang merupakan hasil CSR dari Bank Sulselbar agar ketika ada ibu yang mau melahirkan bisa segera diantar ke RSUD Syekh Yusuf.

“Saya minta siapkan ambulance yang standby di RTK ini agar saat ada ibu yang mau melahirkan  atau mengalami permasalahan kedaruratan, ambulance dapat segera memobilisasi pasien untuk ke RSUD supaya penanganannya lebih cepat,” tambahnya.

Olehnya ia berharap melalui peresmian ini akan menjadi manfaat bagi masyarakat khususnya ibu hamil dan bayi yang akan menurunkan angka kematian ibu dan hami di Kabupaten Gowa.

BACA JUGA :  Nasdem Bone Berhasil Kunci Kursi Dapil 1

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, dr Hasanuddin mengatakan RTK+ ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Gowa dengan Lembaga Jaringan Aspirasi Pelayanan (Jas Publik) Gowa dan Lembaga Perwakilan Mitra Pembangunan yakni Yayasan Dompet Dhuafa Republika, PT Indofood Sukses Makmur dan Forus CSR Kesos Sulsel, HP+ terkait peningkatan Pengembangan dan Pelayanan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) Kabupaten Gowa.

“Tujuan kegiatan ini untuk dijadikan rumah singgah bagi ibu hamil terutama yang berlokasi jauh dari rumah sakit agar meningkatkan layanan kesehatan ibu hamil dan bayi, guna membantu percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi,” jelasnya.

Sekadar diketahui kegiatan ini turut dihadiri perwakilan masing-masing lembaga, Kepala Cabang Bank Sulselbar Kabupaten Gowa, dan beberapa perwakilan TP PKK Kabupaten Gowa.

BACA JUGA
PenulisM. Syawal
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3