28 C
Makassar
Senin, Oktober 25, 2021
BerandaDaerahTinjau Langsung Progam P2L di Gowa, Mentan Harap Pemenuhan Pangan di Tengah...

Tinjau Langsung Progam P2L di Gowa, Mentan Harap Pemenuhan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19 Tercukupi

- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan penerima manfaat Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Borong Pa’lala, Kecamatan Pattallassang, Minggu (31/5/2020).

Dalam peninjauannya ia mengatakan, kehadiran Program P2L ini sebagai upaya untuk pemenuhan pangan masyarakat di tengah Pandemi virus corona atau Covid-19. Pasalnya wabah yang telan menjadi pandemi dunia ini berdampak pada sejumlah sektor terutama ekonomi.

“Banyak masyarakat saat ini kesulitan memenuhi kebutuhan akibat kehilangan pekerjaan dan jatuh miskin. Olehnya itu salah satu upaya yang bisa dilakukan saat ini ada bertani dengan memanfaatkan pekarangan rumah,” katanya.

Gubernur Sulsel dua periode ini menilai untuk bertani tidak mesti membutuhkan lahan yang luas. Cukup memanfaatkan lahan dekat rumah maka sudah bisa menghasilkan beberapa produk pertanian.

“Dalam menghadapi krisis yang ada pertanian menjadi pilihan untuk bisa survive. Oleh Karena itu, mari kita menggalakkan pertanian, tidak perlu dengan lahan besar. Cukup dengan family farming atau lahan-lahan keluarga di sekitar rumah kita,” terangnya.

Ia berharap, ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani untuk mengambil bagian agar bisa memanfaatkan pekarangan di sekitar rumahnya masing-masing dengan menanam sayur-sayuran dan jenis tanaman lainnya.

Sementara Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengaku menyambut baik kehadiran program P2L ini. Kehadiran program ini dapat membuat masyarakat tetap produktif meskipun di masa pandemi Covid-19 ini.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah program yang bermanfaat untuk bisa menaikkan pendapatan masyarakat yang tentu akan berkolerasi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” singkat Adnan.

Pada kesempatan, pihak Kementan juga memberikan bantuan kepada Kelompok Wanita Tani yang di Kabupaten Gowa. Bantuan tersebut berupa uang Rp60 juta ke sejumlah kelompok tani wanita. Antara lain Kelompok Wanita Tani Biring Balang, Desa Borong Pa’la’la, Kecamatan Pattallassang, Kelompok Wanita Tani Mawar Merah, Desa Katangka, Kecamatan Bontonompo, dan Kelompok Wanita Tani Lassa-lassa Ledies, Desa Lassa-lassa, Kecamatan Bontolempangang.

BACA JUGA :  Putri Sulung Sekretaris Dinas Perindustrian Raih Nilai Tertinggi SKD

Kemudian Kelompok Wanita Tani Mawar, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong. Serta penyerahan bibit sayuran kepada Karangtaruna Desa Borong Pa’la’la.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.230,8
EUR
16.574,3
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.428,8
SGD
10.556,7