32 C
Makassar
Senin, Desember 5, 2022
BerandaNasionalVaksin Terbatas, Menkes Minta Masyarakat Bersabar

Vaksin Terbatas, Menkes Minta Masyarakat Bersabar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah merencanakan mendapatkan dosis vaksin Covid-19 sebanyak 426 juta untuk dapat memenuhi kekebalan kelompok 70 persen dari populasi penduduk Indonesia atau 181,5 juta orang.

Budi Gunadi mengungkapkan, terbatasnya vaksin Covid-19 di Tanah Air harus dihadapi dengan sabar. Sebab ketersediaan vaksin Covid-19 di Indonesia menjadi kendala dan tidak seimbang dengan target masyarakat yang akan divaksin.

“Artinya mesti sabar, mesti ada prioritas di semester pertama. Semester 2 akan ada akslerasi dan kita harus benar-benar keroyokan,” kata Budi di acara webinar bertajuk Aku Siap Divaksin yang digelar KAGAMA, Minggu (14/3/2021).

Menurutnya, jumlah tersebut untuk dua kali vaksinasi Covid-19 terhadap satu orang. Namun dengan jadwal vaksinasi dari Januari hingga Juni 2021, kata dia, hanya terdapat 80 juta dosis yang diberikan kepada masyarakat.

“Hanya 40 juta rakyat bisa kita vaksin dari 181,5 juta, karena vaksinnya cuma ada segitu,” kata dia.

“Saya minta sabar sampai Juni, kita cuma dapat 24 persen. Baru di semester 2 (dipercepat),” kata dia.

Dilansir dari Kompascom, pada semester 2 nanti, pihaknya menargetkan harus bisa dilakukan vaksinasi sebanyak 1,5 juta dosis dalam sehari.
Sebab di semester pertama ini, kata dia, maksimal pemerintah hanya mampun memvaksin maksimal 500.000 dosis sehari.

Hal itu pula yang membuat pemerintah memberikan vaksinasi kepada masyarakat dengan membuat skala prioritas berbasis risiko.

Tahap pertama adalah dengan memberikan vaksin terhadap 1,5 juta tenaga kesehatan dan kelompok lanjut usia (lansia) yang jumlahnya mencapai 21,6 juta orang.

“Jadi saya imbau, karena vaksin sedikit kita sabar,” ucap dia.

BACA JUGA :  Pandemi, Dewan Sulsel Harap Pemerintah Keluarkan Bantuan Tepat Sasaran
spot_img

Headline

Populer