27 C
Makassar
Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda Edukasi Wacana Penyederhanaan Kurikulum, Begini Reaksi Prodi Sejarah FIS UNM

Wacana Penyederhanaan Kurikulum, Begini Reaksi Prodi Sejarah FIS UNM

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Beredarnya wacana mengenai akan disederhanakannya jam mata pelajaran (mp) Sejarah dalam kurikulum 2021 membuat banyak pihak tidak bisa bungkam. Khususnya dari para pegiat sejarah.

Penyederhanaan kurikurikulum ini kemudian menjadi kontroversi. Tidak sedikit yang menolak. Sedangkan pihak yang pro terhadap perombakan kurikulum tersebut sedikit banyaknya menyinggung mp sejarah sebagai pelajaran yang membosankan dan tidak berorientasi kerja serta tidak mampu menjawab tantangan masa depan.

Hal ini pun menjadi perhatian cukup serius bagi mereka para akademisi utamanya dalam bidang kesejarahan. Menjawab hal tersebut Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) Akan menyelenggarakan Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Dinamika Kurikulum Sejarah di Indonesia”.

“Beberapa pekan lalu terdapat wacana penyederhanan kurikulum, mata pelajaran sejarah menjadi mp yang akan disederhanakan dengan alasan tidak mampu menjawab tantangan masa depan. Pembelajarannya membosankan, kronologis dan tidak berorientasi kerja. Hadirnya kuliah umum ini, sebagai bagian penting untuk menjernihkan pemahaman mp sejarah yang membosankan dalam perspektif sejarah.” kata ketua Team Work Kuliah Umum, Rifal Najering, Minggu (18/10/2020).

Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk mengonstruksi kembali pemikiran-pemikiran terkait mp sejarah.

“Merefleksikan kembali kurikulum sejarah dari masa ke masa. Dari pengalaman inilah, kurikulum sejarah berubah sesuai kebutuhan zaman. Tentunya kurikulum yang mampu menjawab tangangan masa depan,” ungkapnya.

Dosen Pendidikan Sejarah FIS UNM tersebut juga berharap dengan terselenggarakannya kegiatan ini, mp sejarah dapat terus membumi.

“Hadirnya kegiatan ini mampu mengeduksi pentingnya belajar sejarah dalam perseptif kurikulum. Supaya memahami bahwa kurikulum sejarah mampu menjawab tantangan masa depan,” ungkapnya.

Kegiatan Kuliah Umum ini didukung oleh Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) yang akan diselenggarakan pada Senin (19/10/2020) pukul 20.00 WITA – selesai melalui daring (via zoom).

Untuk pendaftarannya dapat diakses melalui link berikut https://zfrmz.com/rmIPETevhE3YmRsrbue8

Headline

Anak Didiknya Dipanggil Timnas, Ini Komentar Pelatih Akademi PSM

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pelatih akademi PSM Makassar, Muhammad Irfan Rahman, mengaku sangat bahagia ada anak didiknya yang kembali dipanggil oleh tim nasional Indonesia. Ia mengaku,...

3 Pemain U-16 PSM Juga Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja menyampaikan surat permintaan pemain akademi PSM Makassar untuk mengikuti seleksi Garuda Select III. Dua pemain akademi...

Dua Pemain Akademi PSM Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak asosiasi Sepakbola tertinggi Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali memanggil dua pemain muda PSM Makassar untuk mengikuti tahap seleksi di tim...

PW-KKT Jeneponto Kaltim Segera Dilantik

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP-KKT) Jeneponto bersama Perwakilan Pengurus Wilayah dan Panitia KKTJ Kaltim, menggelar rapat persiapan pelantikan. Rencananya, pelantikan pengurus...