BerandaMetropolisWali Kota Makassar akan Masukkan Pelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah

Wali Kota Makassar akan Masukkan Pelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Setelah banyaknya korban karena bencana banjir dan tanah longsor di Sulsel. Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, mengatakan bahwa akan melakukan mitigasi bencana kepada seluruh masyarakat di Kota Makassar. Termasuk anak sekolah.

“Kita akan lakukan mitigasi kepada masyarakat. Anak sekolah juga akan diajarkan agar mereka paham,” katanya, Selasa (29/1/2019).

BACA: Dukcapil Buka Layanan Khusus Difabel

Kota Makassar menjadi salah satu wilayah di Sulsel yang terkena dampak bencana khususnya banjir. Ada lima kecamatan di Makassar mengalami banjir yakni Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea, Manggala, Tamalate, dan Panakkukang.

Danny, menjelaskan untuk langkah awal mitigasi bencana banjir di Kota Makassar adalah pemeliharaan sungai Tallo, karena salah satu sungai yang terbesar di Makassar. Dengan dibersihkan sehingga tidak terjadi penyumbatan.

BACA: Danny Pomanto Temukan Penyebab Banjir di Manggala

“Jadi limpahan Sungai Jeneberang bisa langsung ke Sungai Tallo tidak penghambatan. Muara Sungai Tallo juga harus dikeruk,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, segera menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) siaga bencana. Hal ini merupakan tindak lanjut pemerintah dalam upaya mitigasi bencana terutama yang terkait dengan banjir dan longsor.

Rencana tersebut dilakukan karena sejak beberapa tahun terakhir Kota Makassar menjadi langganan banjir. Hanya saja di tahun ini adalah yang terparah. Sehingga, momentum inilah menjadi landasan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Penulis : M. Syawal