29 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaDaerahZero Accident, KSOP Parepare Gelar Sosialisasi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran

Zero Accident, KSOP Parepare Gelar Sosialisasi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Parepare menggelar Aksi Tanggap bersama Kapal Negara (KN) Trisula P.111, terkait sosialisasi keselamatan dan keamanan pelayaran dalam rangka zero accident.

Kepala KSOP Parepare, Triono mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka aksi tanggap keselamatan, dan keamanan pelayaran, yang sesuai amanah Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

“Ini juga untuk mempererat Silaturahmi antar instansi dan kunjungan KN. Trisula P. 111 Direktoral Jenderal Perhubungan Laut di pelabuhan Parepare,” katanya, Selasa (7/6/2022).

BACA JUGA :  Perseteruan TKBM dan KRK, KSOP Tawarkan Sejumlah Solusi

Triono mengatakan, KN ini merupakan kapal kelas 1 yang dimiliki KPLP, dan baru saja melaksanakan tugas negara di Makassar melalui pertemuan bersama tiga negara.

Triono menjelaskan, kapal ini melaksanakan fungsi pantai, dan laut bersama semua stake holder, juga penegakan hukum dan menjamin keamanan dan keselamatan di laut.

BACA JUGA :  Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub Puji Kinerja KSOP Parepare

“Fokus kita adalah keselamatan pelayaran karena kapal nelayan yang tidak boleh mengangkut penumpang, seperti kejadian di Kabupaten Pangkep baru-baru. Kami tidak ingin hal itu terjadi di Parepare, sehingga kita edukasi masyarakat supaya hal itu tidak terulang lagi,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pemasangan life jaket kepada perwakilan masyarakat nelayan. Selanjutnya, digelar Focus Group Discussion (FGD) Keselamatan dan Keamanan Menuju Zero Accident.

spot_img
spot_img

Headline