24 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaEdukasi146 Mahasiswa Prodi D IV Teknologi Laboratorium Medis Unimerz Ikuti PBL II

146 Mahasiswa Prodi D IV Teknologi Laboratorium Medis Unimerz Ikuti PBL II

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Program Studi (Prodi) Diploma IV Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Fakultas Teknologi Kesehatan, Universitas Megarezky (Unimerz) menggelar kegiatan pembekalan Praktek Belajar Lapangan (PBL) II, di Aula Universitas Megarezky Lt.5, Sabtu (7/1/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk membekali Mahasiswa terkait profil, pemeriksaan-pemeriksaan di laboratorium Rumah sakit, serta aturan selama melaksanakan Kegiatan PBL II di Lahan Praktek (Rumah Sakit) sebelum turun ke Lokasi Praktek di laboratorium Rumah Sakit, baik RS daerah maupun Kota Makassar.

Turut hadir pada kegiatan pembekalan tersebut yakni, Sumitro Rahman, S.Si., M.Kes selaku Kepala Laboratorium RSUP. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Anyta Eka Sari, SKM., M.Mkes selaku Kepala Instalasi Laboratorium RS. Tk.II Plamonia Kota Makassar, Diana, S.ST selaku Staff Laboratorium RSUD. Labuang Baji Kota Makassar, seluruh Dosen/Staf D-IV TLM dan seluruh mahasiswa yang akan melakukan praktek lahan di rumah sakit.

Dalam keterangannya, Nirmawati Angria, S.Si., M.Kes selaku Ketua Prodi D-IV TLM Unimerz menuturkan, bahwa pada pembekalan tersebut mahasiswa diberikan materi-materi terkait kompetensi sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medis yang berperan dalam penanganan spesimen di rumah sakit.

“Bahan materi dalam kegiatan Pembekalan tersebut Adalah Kompetensi Sebagai Ahli Teknologi Laboratoriun Medis yang berperan dalam penanganan Spesimen di Rumah Sakit Baik dari Pra-Analitik, Analitik dan Pasca Analitik baik dari Pemeriksaan Urinalisa, Hematologi, Kimia Darah, Mikobiologi, Flebotomi, dan beberapa pemeriksaan lainnya. Selain diberikan materi terkait jaminan mutu dan validasi metode pemeriksaan serta K3 dan patient safety,” jelasnya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, ia berharap agar mahasiswa bisa menjadikan materi-materi yang ia dapatkan sebagai bekal sebelum mahasiswa terjun ke lahan praktek.

“Kegiatan tersebut sebagai rana membekali mahasiswa sblm ke lahan praktek harapannya dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa memiliki bekal dan memahami beberapa metode pemeriksaan yang disampaikan serta kegiatan ini menjadi salah satu rutinitas bagi prodi sebelum mahasiswa di turunkan ke lahan,” kuncinya.

spot_img

Headline

Populer