25 C
Makassar
Rabu, Januari 19, 2022
BerandaEdukasi152 Apoteker Baru di Sulsel Ikuti POPCA IAI

152 Apoteker Baru di Sulsel Ikuti POPCA IAI

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan menggelar Pengenalan Organisasi dan Pembinaan Calon Anggota (POPCA) secara daring melalui zoom, Minggu (28/11/2021).

Sebanyak kurang lebih 152 apoteker baru menjadi peserta POPCA PD IAI Sulsel periode ini. Mereka adalah gabungan apoteker yang baru saja diambil sumpahnya, yakni 92 apoteker lulusan dari Fakultas Farmasi Unhas, 51 apoteker lulusan dari Fakultas Farmasi UMI dan 9 apoteker lulusan Fakultas Farmasi Megarezky.

Popca ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan apoteker yang profesional, memiliki kesejawatan yang tinggi dan inovatif, serta berorientasi ke masa depan. Olehnya itu, perlu pembinaan terhadap anggota sejak mulai menjadi apoteker.

Apoteker perlu pengenalan organisasi sejak dini agar keberadaan organisasi menjadi pengetahuan pokok setiap apoteker, mengingat menumbuhkan rasa memiliki organisasi adalah keharusan, sehingga peran fungsi organisasi akan terus melekar dalam setiap aktifitas praktek profesi,”jelas Humas PD IAI Sulsel, apt. Aulia Yahya dalam keterangannya, Minggu (28/11/2021).

BACA JUGA :  SMPN 9 Fasilitasi 6 Peserta Didik Asal Sulteng

Aulia menjelaskan, untuk tercapainya maksud pembinaan melalui peraturan organisasi tentang pedoman pembinaan organisasi Ikatan Apoteker Indonesia, maka setiap apoteker lulusan baru sebagai calon anggota IAI wajib mengikuti kegiatan Popca yang dilakukan oleh Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia dimana mereka berdomisili.

Dalam kesempatan ini, para apoteker baru akan disambut secara resmi sekaligus mendapatkan pengarahan dari Ketua PD IAI Sulawesi Selatan, Prof. Dr. apt. Gemini Alam, M.Si., dan Ketua Umum Pengurus Pusat IAI, apt. Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, MM.

Selanjutnya para apoteker baru ini akan mendapatkan sejumlah materi pembekalan organisasi diantaranya; Inspiring Pharmacist and Branding, Kebijakan PD IAI Sulsel, Hak dan Kewajiban Apoteker, Pengawasan Apoteker dalam berpraktik, Majelis Etik dan Disiplin Apoteker Indonesia dalam berpraktik, Pengenalan Organisasi Himpunan Seminat Farmasi Distribusi (Hisfardis) Sulsel, Pengenalan Organisasi Himpunan Seminat Farmasi Kesehatan Masyarakat (Hisfarkesmas) Sulsel, Pengenalan Organisasi Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (Hisfarsi) Sulsel, Pengenalan Organisasi IAI (sejarah dan AD/ART) serta Peraturan Organisasi terkait Pelayanan Anggota, dan terakhir Pengenalan “SIAp” Sistem Informasi Apoteker.

“Sebagai bentuk parameter untuk mengukur tingkat pemahaman dan wawasan keorganisasian, setiap apoteker baru akan melalui rangkaian Pre Test di awal kegiatan serta Post Test di akhir acara,”kata Aulia.

BACA JUGA
PenulisRilis

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6