23 C
Makassar
Jumat, Juli 30, 2021
BerandaDaerah18 Desa di Bone Dinobatkan Desa Mandiri Tahun 2021

18 Desa di Bone Dinobatkan Desa Mandiri Tahun 2021

- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Sejumlah Desa yang berada di Kabupaten Bone, dinobatkan sebagai Desa Mandiri Tahun 2021.

Hal ini ditandai saat Bupati Bone HA. Fahsar M. Padjalangi, didampingi Wakilnya H. Ambo Dalle bersama Sekda Bone H. A. Islamuddin, menyerahkan Piagam Penghargaan dan Piala Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bone, yang berlangsung di Hotel Helios, Jl Langsat, Kamis (22/07/2021).

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadiri Kapolres Bone AKBP Try Handako Putra, Dandim 1407 Bone Letkol. Kav. Budiman, Dandenpom Letkol.(k) Cpm. Maria Pasule, Danyon C Pelopor Brimob Kompol Nur Ichsan, Para Pimpinan OPD, Para Kabag, Para Camat dan Para Kepala Desa.

BACA JUGA :  Rayakan HUT TNI Ke 74 Danyon C Datangi Kodim 1407 Bone 

Bupati Bone HA Fahsar mengatakan Lomba Desa ini sangat penting karena ini merupakan Perintah Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa.

“Saya tidak ingin lagi terulang tahun ini hanya 5 Desa yang ikut Lomba Desa, Saya mau minimal 3 Desa Kecamatan di Kabupaten Bone Ikuti lomba Desa.
Saat ini potensi Desa bisa digunakan untuk membuat Desa Maju dan Mandiri,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati Bone dua periode ini menambahkan saat ini dibutuhkan sinergitas 3 pilar antara TNI, Polri dan Pemerintah sangat penting untuk membuat Desa berubah.

“Kondisi saat ini, Desa dituntut untuk manghasilkan pendapatan asli desa dengan potensi desa yang ada, ini perlu ada inovasi dan ide agar desa mampu mengolah potensi yang ada di desanya,” tambahnya.

A Fahsar mengharapkan kepada para Camat untuk menggenjot inovasi yang ada di desanya.

“Saya harap kepada Camat untuk koordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) agar mendapat informasi terkait lomba-lomba inovasi yang ada,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bone A. Gunadil Ukra, menerangkan ide dan gagasan video singkat Desa Mandiri itu tercipta di Warkop.

“Karena menurut saya Warkop adalah tempat yang merdeka karena semua kalangan masyarakat ada di situ dan banyak ide-ide inovasi yang muncul dan bisa diterapkan ke desa,” terangnya.

“Terima kasih semua pihak yang terlibat para tim penilai terutama Forkopimda Bone yang selalu membimbing kami dalam melaksanakan kegiatan Desa Mandiri dan Lomba Desa,” ucap Gunadil.

Sekedar diketahui, penyerahan Piagam Penghargaan dan Piala Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bone, yakni Juara Pertama diraih Desa Mallari Kecamatan Awangpone, lalu Juara Kedua diraih Desa Panyili Kecamatan Dua Boccoe dan Juara Ketiga Desa Mattampawalie Kecamatan Lamuru.

Sedangkah pada pengumuman 18 Desa Mandiri Tahun 2021 yakni Desa Sanrego Kec. Kahu, Desa Malimongeng Kec. Salomekko, Desa Bulu-Bulu Kec. Tonra, Desa Pitumpidange Kec. Libureng, Desa Wanuawaru Kec. Libureng, Desa Patangkai Kec. Lapri, Desa Poleonro Kec. Lamuru, Desa Usa Kec. Palakka, Desa Passippo Kec. Palakka, Desa Kading Kec. Awangpone.

Kemudian Desa Mallari Kec. Awangpone, Desa Lappo Ase Kec. Awangpone, Desa Lamuru Kec. Tellu Siattinge, Desa Panyili Kec. Dua Boccoe, Desa Uloe Kec. Dua Boccoe, Desa Selli, Desa Bengo, dan Desa Liliriawang Kec. Bengo.

Ke 18 Desa ini disematkan Pin Desa Mandiri oleh Bupati Bone dan Penghargaan Camat terbaik diraih Camat Awangpone.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

- Advertisment -