24 C
Makassar
Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Headline 3 Pengungsi Gempa Sulbar di Makassar Positif Covid-19, Termasuk Bayi 11 Bulan

3 Pengungsi Gempa Sulbar di Makassar Positif Covid-19, Termasuk Bayi 11 Bulan

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Terdapat 3 pengungsi korban bencana gempa Sulawesi Barat (Sulbar) terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini diketahui setelah melakukan tes swab PCR.

Tes swab ini difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam rangka persiapan pemulangan ke kampung asal seperti yang diungkapkan oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah ketika berkunjung ke salah satu tempat pengungsian di UPT Inang Matutu Dinas Sosial Sulsel.

“Sebelum ada yang mau jemput dari keluarga, mereka syaratnya memang harus diswab supaya kita pastikan bahwa mereka dikembalikan ke kampung halamannya dalam kondisi sehat,” ungkap Nurdin Abdullah, Rabu, (20/1/2021).

BACA JUGA: Besok, Sebagian Pengungsi Korban Gempa Sulbar Akan Dipulangkan

Ketiga pengungsi tersebut kemudian akan dialihkan ke Swiss-Belhotel untuk isolasi demi mencegah penularan terhadap pengungsi lain. Salah satu dari ketiga pangungsi yang positif Covid merupakan anak balita berusia 11 bulan.

“Yang positif tadi tiga orang, tanpa gejala. Termasuk ada anak-anak, kita akan isolasi di Swiss Bell. Setelah sehat, kita akan siapkan juga kepulangannya,” jelasnya.

Nurdin berharap seluruh kabupaten kota di Sulsel mengantisipasi pengungsi dari Sulbar, agar dipastikan kesehatannya sebelum dikembalikan ke rumahnya masing-masing.

Hal tersebut memang sudah menjadi komitmen bersama antara Pemprov Sulsel dengan Pemprov Sulbar, sejak hari pertama gempa yang berkekuatan 6,2 SR di Sulbar.

“Hari pertama kami ada di Sulbar, di Mamuju, kami diskusi dengan Pak Bupati dan Pak Gubernur, supaya sebagian masyarakat yang memang mau mengungsi ke Sulsel kita siapkan fasilitas,” tutupnya.

PenulisSelfi

Headline