25 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaHealth3 Penyebab Berat Badan Gagal Turun, Meski Rajin Olahraga dan Diet

3 Penyebab Berat Badan Gagal Turun, Meski Rajin Olahraga dan Diet

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Memiliki berat badan berlebih memang terkait juga dengan kesehatan. Oleh karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba agar bisa kurus, misalnya saja dengan diet dan berolahraga. Meski demikian, masih ada yang merasa kesulitan untuk mendapatkan berat tubuh yang sudah ditargetkan.

Nah, hal tersebut bisa jadi ada yang salah dengan pola hidup yang kamu miliki. Contohnya sering begadang, suka mengkonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, dan sebagainya. Untuk menghindari kondisi seperti ini, maka kamu wajib mengetahui apa saja penyebab berat badan sulit untuk turun. Dilansir dari merdeka.com, berikut 3 hal penyebab gagalnya penurunan berat badan:

1. Suka Makan Tak Teratur

Penyebab pertama yang sering menyebabkan berat badan susah turun adalah pola makan yang tak teratur. Banyak yang mengira bila melewatkan jadwal makan bisa menguruskan tubuh lebih cepat. Padahal, hal tersebut sebenarnya hanya akan membuat berat badan semakin sukar diturunkan.

Makan secara tak teratur akan membuat kamu jadi sulit mengendalikan nafsu makan yang dimiliki. Akibatnya, porsi makan bisa berubah-ubah, misalnya saja jadi lebih banyak dari porsi biasanya. Ketika melewatkan jam makan tertentu, kamu akan merasa lapar dan akhirnya melampiaskan itu di jadwal selanjutnya dengan jumlah makanan yang berlebih. Apabila hal ini sampai kejadian, maka bisa memungkinkan berat badanmu akan terus bertambah.

2. Sering Terkena Stress

Faktor selanjutnya yang menyebabkan berat badan sulit turun adalah karena adanya stress yang sering terjadi. Stress memiliki kaitan yang erat dengan kenaikan berat badan. Tekanan yang dialami akan memicu meningkatnya hormon kortisol di dalam tubuh. Jika hormon ini naik, maka kamu akan merasa mudah lapar dan memiliki nafsu makan yang besar.

Terjadinya kenaikan pada hormon kortisol dalam waktu yang lama, dapat berisiko menyebabkan obesitas dan penumpukan lemak berlebih pada bagian perut bawah. Hal tersebut tentu akan menjadi kendala bagi kamu, terutama bila ingin menguruskan badan yang dipunya.

3. Memiliki Jadwal Olahraga yang Tak Pasti

Hal terakhir yang bisa sebabkan badan tak kunjung kurus adalah melakukan olahraga dengan jadwal yang pasti. Kegiatan sehat ini sendiri memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Misalnya saja, dapat menyehatkan jantung, melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, hingga melangsingkan badan. Namun, pelaksanaan aktivitas ini harus secara rutin agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Begitu pula dalam hal menguruskan badan. Kamu harus bisa memiliki jadwal olahraga yang pasti agar diet jadi berhasil. Selain itu, sesuaikan pula jenis olahraga apa yang ingin dilakukan dan jumlah intensitasnya sesuai kemampuan tubuh. Namun, ada baiknya bila melakukan hal ini selama 75-150 menit saja dalam satu minggu.

spot_img

Headline

Populer