24 C
Makassar
Wednesday, June 26, 2024
HomeHealth3 Penyebab Mata Minus Bertambah Parah

3 Penyebab Mata Minus Bertambah Parah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mata minus adalah salah satu kelainan refraksi mata di mana struktur bola mata memanjang atau kornea menjadi lebih cekung dari kondisi seharusnya.

Perubahan pada struktur mata menyebabkan cahaya yang masuk jadi tidak bisa terfokus dengan baik. Akibatnya, objek yang terletak jauh akan tampak lebih kabur.

Menurut situs Mayo Clinic, ada beberapa faktor dan kondisi yang memicu mata minus, mulai dari faktor genetik, lingkungan, hingga kebiasaan membaca yang kurang tepat.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan kondisi mata yang mengalami miopi bisa bertambah minusnya seiring berjalannya waktu meski sudah pakai kacamata.

Kira-kira, apa saja penyebab minus pada mata bertambah parah? Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin berperan.

1. Memakai lensa kacamata yang tak sesuai

Salah satu penyebab minus mata bertambah adalah pemakaian kacamata yang kurang tepat.

Ya, salah resep kacamata adalah kekeliruan yang cukup umum ditemukan selama pemeriksaan.

Ketika perhitungan lensa sedikit saja meleset satu-dua derajat, Anda akan memiliki kacamata yang berlensa buram sehingga justru menyebabkan penglihatan semakin kabur.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, mata Anda yang sudah minus harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan penglihatan dengan minus pada lensa yang tak sesuai.

Akibatnya, minus pada mata Anda berisiko semakin parah.

2. Bertambahnya usia

Penyebab lain minus mata Anda bertambah adalah faktor usia. Bertambahnya minus mata adalah kondisi yang umum terjadi, terutama pada anak-anak.

Jika anak-anak mengalami miopi sejak kecil, struktur mata akan mengalami perkembangan hingga usia 20 tahun sehingga minus mata bisa saja bertambah.

Di sisi lain, kesulitan untuk memfokuskan penglihatan pada gambar atau tulisan adalah tanda penuaan yang sulit dielak.

Kondisi ini disebut presbiopi dan bisa menyerang kita semua sehingga sebagian besar dari kita akhirnya harus memakai kacamata.

Banyak kondisi mata, termasuk presbiopi, yang memburuk dengan sendirinya dari waktu ke waktu entah Anda memakai atau tidak pakai kacamata.

Cepat atau lambat, suka tidak suka, Anda akan mengalaminya dan tidak banyak yang bisa Anda lakukan terhadap proses penuaan alami ini.

3. Tidak memperbaiki kebiasaan membaca atau memakai gadget

Memakai kacamata memang dapat membantu penglihatan mata yang sudah minus.

Namun, kondisi mata bisa saja memburuk jika pemakaian kacamata tidak dibarengi dengan kebiasaan membaca atau pemakaian gadget yang sehat.

Salah satu penyebab mata minus Anda cepat bertambah adalah cara membaca atau memakai gadget yang kurang tepat.

Ambil contohnya, jika Anda sudah memakai kacamata tetapi belum meninggalkan kebiasaan membaca di tempat yang redup dan berjarak terlalu dekat, minus pada mata berisiko meningkat.

Melihat layar gawai elektronik terlalu dekat dan lama, seperti ponsel atau laptop, juga berpotensi menambah minus pada mata Anda.

Sumber: hellosehat.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img