27 C
Makassar
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaHealth4 Cara Mengatasi Burnout Akibat Terlalu Lelah Bekerja

4 Cara Mengatasi Burnout Akibat Terlalu Lelah Bekerja

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kerja berlebihan dapat mengakibatkan seseorang mengalami stres kronis, atau burnout. Dampaknya bukan hanya fisik, tapi juga.

Ketika stres terus berlanjut, seseorang yang mengalami burnout mulai kehilangan minat dan motivasi yang membuatnya tidak bersemangat dalam bekerja.

Ada beberapa langkah positif yang dapat kamu ambil untuk mengatasi burnout dan mengembalikan keseimbangan hidup. Berikut ini beberapa cara mengatasi burnout di tempat kerja, dilansir dari halodoc.com:

Membuka Diri

Ini bisa kamu lakukan ke orang terdekat atau orang yang dipercaya. Cobalah untuk tidak memikirkan apa yang membuat kamu merasa lelah. Di samping itu, jadikan waktu yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih menjadi lebih positif dan menyenangkan.

Bersosialisasi

Cobalah lebih bergaul dengan rekan kerja. Dengan mengembangkan persahabatan dengan teman-teman satu kantor, dapat membuat pekerjaan lebih menyenang sehingga terhindar dari burnout. Misalnya, ketika jam istirahat, alih-alih mengarahkan perhatian ke handphone, cobalah bercengkerama dengan kawan-kawan sekantor.

Batasi Kontak dengan Mereka yang Memberikan Pengaruh Negatif

Cara mengatasi burnout di tempat kerja juga bisa dengan membatasi interaksi dengan orang-orang yang berpikiran negatif. Contohnya, mereka yang sering mengeluh atau malas bekerja. Sering berinteraksi dengan kelompok ini hanya akan  menurunkan mood dan pandanganmu terhadap hidup. Jika kamu harus bekerja dengan orang-orang seperti ini, cobalah membatasi jumlah waktu yang dihabiskan bersama.

Terhubung dengan Komunitas yang Positif

Cobalah mencari koneksi ke komunitas yang bisa memberikan efek positif secara fisik dan psikis. Cara ini dapat membantu kamu mengatasi stres, atau bahkan menemukan teman-teman baru. Menemukan teman baru dapat memberikan perspektif baru serta memperluas jaringan.

spot_img

Headline