31.5 C
Makassar
Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda Health 4 Manfaat Minum Air, Termasuk Menghilangkan Jerawat

4 Manfaat Minum Air, Termasuk Menghilangkan Jerawat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Asupan air sangat dibutuhkan bagi tubuh, dalam menjaga organ-organ, hingga sirkulasi makanan.

Dilansir dari hellosehat.com, berikut empat manfaat konsumsi air

1. Membuang racun pada kulit secara alami (detoksifikasi)

Asupan air amat diperlukan untuk detoksifikasi, sebab air mampu mengeluarkan racun dari sel-sel tubuh. Air juga berperan membawa nutrisi yang diperlukan ginjal, hati, kulit, serta organ-organ lainnya yang berfungsi membuang racun dari badan Anda.

Minum air mungkin tidak menghilangkan jerawat secara langsung. Akan tetapi, air yang Anda minum akan keluar dari pori-pori dalam bentuk keringat. Keringat yang keluar dari pori-pori lantas ikut membawa keluar racun dan logam berat dari kulit Anda.

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition Reviews, proses ini mungkin bisa membersihkan kulit Anda dari kotoran yang kerap menutup pori-pori. Apabila pori-pori bersih dari kotoran, kulit Anda juga akan terlindung dari masalah jerawat.

2. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Kurang minum air dapat membuat kulit menjadi kering. Jika kulit kering, kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Namun, minyak berlebih juga bisa menutup pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Minum air adalah cara paling mudah untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi. Dengan memelihara kelembapan kulit, kelenjar minyak tidak akan memproduksi minyak secara berlebihan sehingga kulit pun aman dari jerawat.

Lantas, berapa banyak air yang perlu Anda minum untuk membantu menghilangkan jerawat? Menurut sebuah studi dalam jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, minum dua liter air setiap hari secara rutin sudah bisa memberikan Anda manfaat ini.

3. Mengatur gula darah

Pola makan tinggi gula dapat memperparah masalah jerawat. Ini disebabkan karena makanan tinggi gula meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Kenaikan keduanya menyebabkan peradangan pada tubuh, dan peradangan memicu timbulnya jerawat.

Kurang minum air juga bisa menyebabkan dehidrasi. Saat dehidrasi, tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Jumlah insulin pun kian meningkat, diikuti produksi minyak secara berlebihan pada kulit yang menjadi cikal-bakal jerawat.

Minum air bisa membantu Anda menghilangkan jerawat, sebab air menjaga kadar gula darah tetap aman dan mencegah terjadinya dehidrasi. Tubuh Anda pun terlindung dari peradangan, jumlah insulin tetap stabil, dan minyak tidak diproduksi secara berlebihan.

4. Mencegah infeksi bakteri

Jerawat timbul saat pori-pori tersumbat, lalu terinfeksi oleh bakteri sehingga mengalami peradangan. Salah satu bakteri yang sering menjadi dalang dari terbentuknya jerawat adalah Cutibacterium acne (C. acne).

Jika kulit Anda kering, bakteri seperti C. acne akan mudah masuk lewat celah kulit dan memperparah jerawat. Kulit yang terhidrasi akan mencegah infeksi dengan lebih baik, sebab sel-sel kulit mampu membentuk dinding pertahanan yang lebih kuat dan rapat.

Asupan air yang cukup juga menjaga daya tahan tubuh serta menjaga jumlah mikroba pada kulit wajah tetap seimbang. Mikroba yang baik tetap bertahan dan melindungi kulit dari serangan bakteri penyebab jerawat, termasuk C. acne.

 

Headline

Anak Didiknya Dipanggil Timnas, Ini Komentar Pelatih Akademi PSM

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pelatih akademi PSM Makassar, Muhammad Irfan Rahman, mengaku sangat bahagia ada anak didiknya yang kembali dipanggil oleh tim nasional Indonesia. Ia mengaku,...

3 Pemain U-16 PSM Juga Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja menyampaikan surat permintaan pemain akademi PSM Makassar untuk mengikuti seleksi Garuda Select III. Dua pemain akademi...

Dua Pemain Akademi PSM Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak asosiasi Sepakbola tertinggi Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali memanggil dua pemain muda PSM Makassar untuk mengikuti tahap seleksi di tim...

PW-KKT Jeneponto Kaltim Segera Dilantik

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP-KKT) Jeneponto bersama Perwakilan Pengurus Wilayah dan Panitia KKTJ Kaltim, menggelar rapat persiapan pelantikan. Rencananya, pelantikan pengurus...