24 C
Makassar
Minggu, November 27, 2022
BerandaHealth4 Olahraga agar Tetap Bugar saat Begadang Nonton Piala Dunia 2022

4 Olahraga agar Tetap Bugar saat Begadang Nonton Piala Dunia 2022

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Begadang adalah salah satu kegiatan yang perlu dihindari. Sebab aktivitas ini dapat mengganggu aktivitas di pagi hari. Namun, beberapa orang sengaja melakukan ini karena ingin menyaksikan Piala Dunia 2022.

Ternyata, ada, lho, cara untuk menyiasati kekurangan tidur tersebut dengan beberapa olahraga. Cara ini diharapkan dapat membuat tubuh lebih bugar di keesokan harinya, sehingga aktivitas harian bisa berjalan dengan baik.

Olahraga yang Cocok untuk Menjaga Kesehatan Setelah Begadang

1. Jalan Santai

Olahraga pertama yang bisa dilakukan adalah jalan santai. Cobalah bangun pagi seperti biasa dan mengembalikan kebugaran dengan berjalan santai di area sekitar rumah. Udara pagi yang menyegarkan dapat menambah energi dan menghilangkan kantuk karena kekurangan tidur.

Tak hanya itu saja, ada banyak sekali manfaat dari aktivitas ini. Salah satunya membantu melancarkan peredaran darah. Oksigen yang dihirup saat pagi hari dalam mengalir ke otak, sehingga rasa kantuk bisa diminimalisir.

2. Sit up atau Push up

Olahraga sit up dan push up bisa kamu lakukan di pagi hari setelah begadang semalaman. Dengan melakukan aktivitas fisik ini, kamu bisa merasa senang dan bahagia karena hormon endorfin yang dihasilkan.

Sebab, hormon endorfin merupakan zat kimia pada otak yang dapat menimbulkan perasaan nyaman, senang, dan bahagia. Lakukan gerakan sit up atau push up dengan menyesuaikan kondisi fisik.

3. Squat

Jika kamu kerap merasa kantuk saat melakukan pekerjaan pada siang hari, cobalah untuk mencari tempat kosong dan melakukan squat. Gerakan ini bisa menghilangkan perasaan kantuk dan tidak bersemangat, sehingga konsentrasi bisa kembali didapatkan.

Kamu juga bisa melakukannya di depan meja kerja. Caranya, berdiri dengan kedua kaki di depan meja dan posisikan kedua tangan sejajar dengan bahu yang diletakkan di meja kerja. Bayangkan seperti sedang duduk di atas kursi.

Nah, kamu bisa melakukan gerakan tersebut sebanyak 4 hingga 6 kali atau menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Saat berada di posisi layaknya duduk, tahan gerakan tersebut selama 15 detik. Setelah itu, perasaan kantuk bisa menghilang.

4. Lari

Jika kamu memiliki rutinitas berlari setiap hari, begadang seharusnya tidak dijadikan halangan. Cobalah untuk terus melakukannya meski harus tidur di pagi hari karena menyaksikan pagelaran Piala Dunia seperti sekarang ini.

Apabila kamu tidak melakukannya sebelumnya, coba lakukan aktivitas fisik ini di pagi hari agar tubuh lebih bugar. Tentu saja, rasa kantuk akibat kekurangan tidur juga bisa diminimalisir.

Kamu juga perlu menyesuaikan jadwal sesuai jam kerja dan tidak memaksakan diri. Tentukan seberapa lama kamu ingin berlari, tetapi disarankan hanya 10 hanya 15 menit karena kondisi tubuh bisa jadi tidak maksimal.

Inilah beberapa olahraga yang cocok untuk dilakukan pasca begadang karena pagelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. Selain berolahraga, cobalah untuk mengurangi camilan yang tidak sehat dan perbanyak makan buah jika lapar di malam hari. Dengan begitu, pengembalian kondisi tubuh lebih cepat terjadi.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer