31 C
Makassar
Senin, Januari 24, 2022
BerandaHealth4 Tips Makan untuk Penderita COVID-19 agar Segera Negatif

4 Tips Makan untuk Penderita COVID-19 agar Segera Negatif

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Saat dinyatakan positif Covid-19, tapi tidak ada gejala yang serius atau dapat melakukan isolasi mandiri, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan, termasuk menjaga psikis agar tetap tenang.

Setelah tenang, maka Anda akan bisa memikirkan cara untuk segera membuat hasil PCR kembali negatif. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan.

Seorang dokter yang eksis di Twitter dengan panggilan dr Frenos dengan akun Twitter @dr_mutan. Selain itu, ia juga memberikan tips agar tes PCR hasilnya cepat negatif, via detikdotcom.

Berikut tipsnya:

1. Perbanyak Asupan Protein

Dr. Frenos menganjurkan untuk memperbanyak asupan protein selama melakukan isolasi. Berbagai jenis makanan yang dapat dipilih antara lain, daging sapi, daging ayam dan telur ayam.

“Buat yang punya darah tinggi, makan telur tiga butir sehari,” ujarnya.

Bagi yang vegetarian, dr. Frenos juga menyarankan dapat mengonsumsi kacang-kacangannya. Menurutnya, protein di dalam tubuh dipecah menjadi asam amino. Itu adalah bahan bakar metabolisme dan imun tubuh.

“Jadi asupan protein yang banyak sangat dianjurkan untuk kalian cepat sembuh,” ujarnya.

2. Minum Cukup Air Putih

Penting untuk minum cukup air putih guna mempercepat metabolisme tubuh. Dr. Frenos menyarankan untuk minum air minimal 2 liter dalam sehari.

“Minum sebanyak yang lo bisa, gak papa beser. Itu mempercepat pembuangan sampah-sampah tubuh. Jangan mau tidur baru minum banyak, mengganggu tidur,” tuturnya.

Supaya tidak mengganggu waktu tidur, dr. Frenos juga menyarankan untuk minum air putih mulai dari pagi hari hingga ke siang hari. Dr. Frenos mengatakan bukan obat yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh, tetapi pola hidup sehat.

3. Makan Buah Berwarna Merah

Mengonsumsi buah-buahan juga dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh. Dr. Frenos menganjurkan untuk memilih buah-buahan yang berwarna merah atau berwarna terang.

BACA JUGA :  4 Langkah Jitu Menjaga Daya Tahan Tubuh dari Demam Berdarah

“Makan sebanyak yang lo bisa,” ujarnya.

Untuk jenis buah-buahannya, kamu dapat memilih antara lain seperti apel, tomat, jeruk, wortel, jambu merah. Buah-buahan tersebut kaya akan vitamin C yang tentunya menyehatkan tubuh.

4. Lakukan Aktivitas Lain

Selain vitamin C, penting bagi penderita COVID-19 untuk mendapatkan vitamin D. Vitamin tersebut bisa didapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Selain pola makan, dr. Frenosmengatakan bahwa mengatur pola tidur juga hal yang penting. Waktu tidur yang dianjurkan adalah selama 8 jam dalam sehari.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan COVID-19 juga dapat dilakukan dengan berolahraga dari yang ringan, sedang hingga ke berat.

“Pastinya sesuai dengan kemampuan, karena penderita COVID-19 ada yang lemas tapi olahraga. High intensity interval training paling bagus tapi balik lagi sama kemampuan,” ujar dr. Frenos.

Janagn lupa, untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan, yakni Mencuci tangan, Memaki masker, Menjaga jarak miniman satu setengah meter.

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6