24 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaHealth4 Tips Memulai Kebiasaan Olahraga agar Lebih Sehat di 2023

4 Tips Memulai Kebiasaan Olahraga agar Lebih Sehat di 2023

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Dalam menyambut tahun baru 2023 yang tinggal menghitung hari membuat sebagian besar orang membuat resolusi baru.  Nah, penting untuk membuat resolusi yang positif dan pastinya baik bagi kesehatan fisik dan mental. Misalnya, dengan menargetkan di tahun baru nanti akan lebih disiplin menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu cara penerapan hidup sehat yang dianjurkan adalah dengan berolahraga secara rutin. Sayangnya, tidak semua orang dapat membentuk kebiasaan atau rutinitas yang konsisten dalam hal ini. Jika kamu adalah salah satunya, penting untuk mengetahui beberapa tips untuk memulai kebiasaan olahraga di tahun baru 2023.

Tips Memulai Kebiasaan Olahraga

Terdapat beberapa tips yang dapat

dicoba untuk memulai kebiasaan berolahraga di tahun 2023, antara lain:

1. Periksakan kondisi kesehatan

Tips paling awal untuk membentuk kebiasaan berolahraga adalah dengan terlebih dahulu memeriksakan kondisi kesehatan fisik. Apalagi jika kamu ingin mencoba aktivitas fisik yang berat atau intens.

Pemeriksaan dini dapat mendeteksi masalah atau kondisi kesehatan yang dapat membuat tubuh berisiko mengalami cedera saat berolahraga. Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga dapat membantumu untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat dan mengoptimalkan manfaatnya.

2. Mulai dengan olahraga yang diminati

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memulai berolahraga dengan melakukan jenis olahraga yang kamu minati. Sebab, hal ini akan membuat olahraga terasa lebih

menyenangkan sehingga kamu tidak mudah bosan. Alhasil, olahraga yang dilakukan pun dapat memberikan hasil yang optimal.

Sebagai contoh, jika kamu menyukai sepak bola tidak ada salahnya untuk melakukannya dua kali dalam seminggu. Namun, jika kamu masih bingung dengan jenis olahraga yang kamu sukai, kamu bisa mencoba beberapa olahraga yang sederhana.

Misalnya seperti berenang, berlari, bersepeda, atau sekadar jalan santai. Saat kamu sudah menemukan jawabannya, cobalah untuk mulai menjadikan olahraga tersebut sebagai rutinitas yang dilakukan dua atau tiga kali seminggu.

3. Dimulai dengan 30 menit setiap hari

Jika kamu sudah mengetahui olahraga apa yang aman dan kamu minati, cobalah untuk membatasi durasinya. Sebab, terlalu memaksakan diri dalam berolahraga tidaklah baik karena dapat

membuatmu bosan dan kelelahan. Karena itu, jika kamu masih pemula, batasilah durasi olahragamu 30-45 menit sehari. Sebab, yang terpenting bukan berapa lama durasi saat berolahraga, tetapi terkait konsistensinya dalam membuatnya sebagai kebiasaan sehat.

4. Buat tujuan yang realistis

Saat kamu pada akhirnya mulai berolahraga secara teratur, cobalah membuat rencana yang mencakup langkah dan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membuat target.

Contohnya, jika kamu terbiasa berlari lima kilometer, kamu bisa membuat target seperti peningkatan jarak tempuh atau pengurangan durasi selama kamu berlari pada jarak tersebut. Memulai dengan target kecil yang dapat dicapai tentunya dapat membuatmu tetap termotivasi saat berolahraga.

5. Konsumsi pola makan bergizi seimbang

Selain rutin berolahraga, pastikan juga untuk mengombinasikan olahraga dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Sebab, tubuh juga membutuhkan berbagai nutrisi penting guna mendukung fungsinya dengan baik.

Apalagi, makanan sehat dengan gizi seimbang dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap aktif sepanjang hari. Selain itu, nutrisi yang diperoleh dari makanan sehat juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot dan membantunya tetap kuat dan sehat.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer