25.2 C
Makassar
Senin, November 29, 2021
BerandaHealth5 Jenis Vitamin yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

5 Jenis Vitamin yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Menjaga daya tahan tubuh (imun) menjadi salah satu cara yang juga penting di masa Pandemi Covid-19 ini.

Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Imun Tubuh, dilansir dari haloloc.com:

Vitamin A
Vitamin A sering dianggap sebagai jenis vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata vitamin A juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah putih, yaitu sel yang berfungsi untuk melawan infeksi virus dan bakteri di tubuh. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah brokoli, tomat, hati sapi, ubi jalar, serta wortel.

Vitamin B
Selain vitamin A, penting juga untuk memenuhi asupan vitamin B. Jenis vitamin ini tidak hanya bisa menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta produksi energi. Asupan vitamin ini bisa dipenuhi dengan konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, susu, daging ayam dan ikan, serta brokoli dan paprika.

Vitamin C
Mengonsumsi vitamin C bisa membantu meningkatkan kadar antibodi yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C bisa didapat dari konsumsi buah seperti pepaya, stroberi, mangga, buah jeruk, dan kiwi. Vitamin ini juga terkandung dalam brokoli, bayam, dan paprika.
Vitamin D
Jenis vitamin ini dikenal penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D ternyata juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Salah satu cara alami untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur saat pagi hari. Selain itu, memenuhi asupan vitamin ini juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti seral, ikan tuna dan salon, serta telur.

Vitamin E
Asupan vitamin E juga tidak kalah penting. Jenis vitamin ini banyak mengandung antioksidan yang berperan melindungi tubuh serta menurunkan risiko terjadinya infeksi. Asupan vitamin E bisa didapat kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, kacang almond, alpukat, bayam, dan pepaya.

BACA JUGA :  3 Cara Mencegah Osteoporosis Terjadi di Usia Muda

Selain mengonsumsi vitamin dan makanan sehat, meningkatkan imun tubuh juga bisa dilakukan dengan mengelola stres dan aktif bergerak. Selain itu, pastikan untuk rutin memeriksakan kesehatan tubuh, terutama jika muncul gejala penyakit.

Selain menjaga imun, tentu saja kita tetap harus menerapkan Prokes Covid-19 yakni Memakai Masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak. Selain itu, vaksinasi juga sangat dianjurkan, agar dapat memutus penyebaran virus ini.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3