31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaHealth5 Pilihan Camilan Sehat untuk Pengidap Gagal Ginjal

5 Pilihan Camilan Sehat untuk Pengidap Gagal Ginjal

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Selain menjalankan pengobatan yang sesuai, pengidap gagal ginjal juga perlu menjalankan perawatan secara mandiri di rumah. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat.

Meskipun begitu, bukan artinya pengidap gagal ginjal tidak boleh mengonsumsi camilan di sela-sela waktu makan. Namun, pastikan kamu mengonsumsi berbagai camilan yang tepat untuk mencegah perburukan kondisi penyakit. Berikut berbagai pilihan camilan untuk pengidap ginjal.

Pilihan Camilan untuk Pengidap Ginjal

Mengonsumsi camilan adalah hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Namun, untuk menjaga kesehatan tetap optimal, sebaiknya perhatikan jenis camilan yang akan kamu konsumsi disela-sela waktu makan.

Hal ini juga berlaku bagi pengidap gagal ginjal agar selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Pengidap gagal ginjal perlu memastikan camilan yang akan dikonsumsi mengandung rendah fosfor, potasium, dan garam.

Terlalu banyak fosfor membuat pengidap ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kandungan ini dalam tubuh. Akibatnya terjadi penumpukan fosfor yang bisa memicu gangguan pada tulang dan jantung.

Tingkat potasium yang sesuai dalam tubuh membuat saraf dan otot bekerja lebih baik. Namun, saat ginjal tidak mampu mengeluarkan kandungan tersebut, potasium dapat menumpuk dalam darah yang memicu gangguan jantung.

Selain itu, pastikan kamu mengonsumsi jumlah garam yang cukup setiap harinya. Mengurangi kadar garam mampu

menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi penumpukan cairan dalam tubuh yang rentan dialami pengidap gagal ginjal.

Nah agar tidak salah pilih camilan, berikut berbagai pilihan camilan untuk pengidap ginjal, yaitu:

1.  Anggur merah

Selain rasanya yang lezat, anggur merah juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan di dalamnya. Anggur merah mengandung flavonoid yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh.

2. Kacang macadamia

Kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan sehat. Tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi kacang macadamia.

Jenis kacang ini memiliki kandungan fosfor yang lebih rendah dibandingkan jenis kacang lainnya, seperti kacang almond.

3. Lobak

Bukan hanya untuk sayur, lobak juga bisa kamu konsumsi sebagai camilan sehat. Hal ini karena lobak memiliki kandungan potasium dan fosfor yang rendah, tetapi kaya akan nutrisi lainnya untuk kesehatan tubuh.

Untuk menikmati lobak sebagai camilan, kamu bisa memanggang lobak dengan memotongnya kecil-kecil. Jangan lupa menaburkan seledri diatas lobak agar rasanya semakin lezat.

4. Nanas

Pengidap gagal ginjal bisa mengonsumsi nanas sebagai camilan sehat. Nanas

memiliki kandungan potasium yang rendah jika dibandingkan dengan buah tropis lainnya, seperti kiwi, jeruk, dan pisang.

Selain itu, nanas juga mengandung serat, mangan, dan vitamin C yang bisa membantu kamu meredakan peradangan dalam tubuh.

5. Bluberi

Buah beri ini memiliki kandungan garam, fosfor, dan potasium yang cukup rendah sehingga baik untuk dijadikan camilan sehat pengidap ginjal.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanins. Kandungan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung hingga penurunan kemampuan kognitif.

Pengidap gagal ginjal sebaiknya perlu menghindari dan membatasi berbagai asupan makanan tertentu. Contohnya seperti alpukat, makanan kalengan, makanan cepat saji, daging olahan, hingga produk susu. Makanan tersebut dapat menyebabkan gejala yang lebih buruk sehingga perlu diperhatikan pengonsumsiannya.

Selain menjaga pola makan, pastikan kamu selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memastikan kondisi kesehatan kamu secara menyeluruh.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer