24 C
Makassar
Senin, September 27, 2021
BerandaDaerah50 Bank Sampah Bakal Hadir di Gowa

50 Bank Sampah Bakal Hadir di Gowa

- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Pusat Transformasi Kebijakan Publik (Transformasi) bakal membangun sebanyak 50 bank sampah di Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa.

Direktur Eksekutif Transformasi, Nazla Mariza mengatakan bahwa bank sampah yang akan dibangun diharapkan bisa mengurangi sampah yang ada di Kota Makassar.

50 bank sampah ini juga akan menjadi pilot project. Dimana pengembangannya dalam dua tahun kedepan, diharapkan mampu meyasar seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Gowa.

BACA: Minimalisir Sampah ke TPA, PD Pasar Buat Program Satu Pasar Satu Bank Sampah

“Kita ingin dengan adanya 50 bank sampah ini bisa mengurangi volume sampah utamanya sampah yang tidak bisa didaur ulang,” katanya, Senin (24/6/2019).

Tranaformasi sendiri menerima hibah dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) sebesar US$220.481 atau sekitar Rp3,1 miliar untuk memberantas sampah plastik dalam masa dua tahun.

Tujuan dari program ini katanya, untuk memperkuat kapasitas dan koordinasi Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam rangka mendorong pengelolaan UPTD bank sampah tingkat kabupaten dan bank sampah tingkat komunitas.

Apalagi salah satu syarat untuk meraih Adipura yaitu pengelolaan limbah sampah itu sudah dilakukan oleh UPTD yang sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup.

(Muhammad Syawaluddin)

BACA JUGA :  Pangdam Tegaskan Netralitas TNI Pilkada Sulsel
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.283,7
EUR
16.740,1
JPY
128,9
KRW
12,1
MYR
3.410,2
SGD
10.551,0
BACA JUGA :  22 Tim Ramaikan Turnamen Bola Basket Dandim Cup
- Advertisment -