25 C
Makassar
Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaMetropolisGubernur Nurdin Abdullah Buka Ruang Untuk Komunitas Kreatif

Gubernur Nurdin Abdullah Buka Ruang Untuk Komunitas Kreatif

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM — Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah memberikan ruang untuk komunitas kreatif Sulsel, kemarin di Jalan Sungai Tangka, Makassar.

Dalam sambutannya, Prof HM Nurdin Abdullah mendorong, para seniman dan budayawan untuk terus berkarya dangan lebih baik. Sedangkan upaya pemerintah adalah menyiapkan panggung bagi mereka untuk berkreasi. Dengan menghadirkan tempat-tempat dan fasilitas yang baik, seperti di Gedung Kesenian Makassar, di Gedung Mulo Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel atau tempat-tempat lainnya.

“Sekarang kita berpikir, bagaimana gedung ini kita kembalikan fungsinya sebagai situs pengembangan karya-karya seni,” kata Nurdin Abdullah.

Dia juga menyampaikan mimpi lainnya, Sulsel menjadi pusat meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) atau tempat pertemuan, insentif, konvensi dan pameran di Indonesia.

Serta segala hal yang mendukung tumbuh dan berkembangnya karya para seniman dan budayawan. “Pemerintah harus berkomitmen untuk menghadirkan panggung bagi para budayawan dan seniman ini,” sebutnya, Minggu (2/12/2018).

Ia berharap kembangkitan budaya dan seni Sulsel di segala bidang. Nurdin Abdullah menyebutkan salah satu karya Sulsel yang begitu tersohor dan membanggakan adalah I La Galigo.

Selanjutnya, Nurdin Abdullah meninjau lokasi pameran karya seni “Ruang Ekspresi” yang berada di Taman Lakipadada yang masih berada di lokasi yang sama. Nurdin Abdullah meninjau karya-karya mereka dan berinteraksi langsung dengan para pembuat atau kreatornya. Nurdin Abdullah menyebutkan, ini merupakan panggung ekspresi yang disediakan untuk menghimpun karya-karya seni para seniman, pelukis dan penggiat teknologi, termasuk dari kampus-kampus.

“Inshaallah kita coba carikan panggung bagi seniman untuk terus berinovasi, nanti pemerintah hadirkan pusat-pusat pengembangannya. Kalau selama inikan mereka di rumah-rumah nanti kita buatkan tempat, jika ada tamu-tamu kita misalnya yang ingin menikmati karya mereka, seperti lukisan dan karya seni lain, kita sediakan tempat representatif,” ujarnya.

BACA JUGA :  Diundur Hingga Malam Hari, Rapat Paripurna RAPBD Sulsel 2019 Kembali Ditunda

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyebutkan, tahun 2019 nanti Pemprov Sulsel juga akan menghadirkan Program South Sulawesi Economy Creative.

“Ini wadahnya nanti ada di Triple C, kami berharap termasuk yang ada di sini juga mengambil bagian di South Sulawesi Creative Hub itu,” ungkapnya.

 

Penulis: Abdul Latif

 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline