24 C
Makassar
Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaMetropolisPemprov Sulsel Jalin Kerjasama Dengan Australia 

Pemprov Sulsel Jalin Kerjasama Dengan Australia 

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan tanda tangan Surat Pernyataan Kehendak (Letter of Intent) Australia-Indonesia Center (AIC).

Tanda tangan tersebut, merupakan kerjasama tentang penguatan kualitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur,  kepariwisataan, lingkungan hidup, pertanian, peternakan dan kesehatan hewan.

Pernyataan kehendak ini ditandatangani langsung Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah dan Ketua (Chairman of The Board) Australia-Indonesia Centre Harold Mitchell AC disaksikan oleh Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu di Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin.

Kerjasama ini dapat diperluas pada bidang-bidang lainnya, seperti di bidang penelitian dan pengembangan daerah.

Prof HM Nurdin Abdullah, menyambut baik pernyataan kehendak ini dan yakin akan menghasilan kerjasama positif serta menguntungkan kedua belah pihak.

“Saya ingin menyampaikan selamat pagi dan selamat datang di Sulsel dan Hasanuddin. Tentu saya hadir di sini sebagai warga civitas akademik, saya dosen dan kebetulan menjadi Gubernur Sulsel.  Saya kira akan ada nilai positif yang bisa dihasilkan, mungkin kerja sama bisnis dan penelitian,” kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu, Makassar, Senin (3/12/2018).

Menurut Prof HM Nurdin Abdullah, Sulsel mempunyai banyak potensi yang bisa dikerjasamakan. Misalnya saja, Unhas saat ini yang sedang melakukan pengembangan sapi dengan Kabupaten Enrekang.

“Australia juga terkenal dengan pengembangan sapinya. Di Indonesia, dengan kebutuhan sapi yang besar, di hari besar kami masih impor daging. Dan harapan kami Sulsel menjadi penyandang pangan daging,” jelasnya.

Prof HM Nurdin Abdullah juga meyakini, penjajakan kerjasama peningkatan sumber daya manusia menjadi fokus utama Pemprov Sulsel kedepannya.

“Simposium ini akan meninjau secara khusus sejarah kemitraan di bidang kesenian antara kawasan bertetangga ini, serta meluncurkan program pertukaran seniman kreatif yang akan mendalami dan melanjutkan hubungan bersejarah antara kedua belah pihak,” pungkasnya.

 

Penulis: Abdul Latif

 

spot_img

Headline