25 C
Makassar
Rabu, Maret 22, 2023
BerandaHealth7 Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kopi hijau adalah biji kopi biasa yang belum dipanggang. Rasanya jauh lebih lembut ketimbang kopi biasa. Malahan rasanya seperti teh herbal ketimbang kopi pada umumnya.

Kopi hijau dinilai memiliki manfaat yang lebih baik ketimbang kopi biasa. Sebab, mengandung senyawa antioksidan (asam klorogenat). Senyawa ini terdapat pada kopi yang dipanggang lebih sedikit. Sebaliknya, proses pemanggangan pada pengolahan biji kopi dapat menghilangkan senyawa ini.

Kopi hijau dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, antara lain:

  1. Mengontrol gula darah

Kopi hijau atau ekstraknya yang biasa dikonsumsi dalam bentuk suplemen dapat bekerja mengontrol gula darah.  Asam klorogenat yang kaya antioksidan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengobati sindrom metabolik. Sindrom ini adalah penyebab utama diabetes.

  1. Menurunkan tekanan darah

Ekstrak kopi dapat menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi. Selain itu, manfaat lainnya adalah memperbaiki fungsi pembuluh darah.

  1. Menangani kolesterol tinggi

Ekstrak biji kopi hijau juga dapat mengobati kadar kolesterol tinggi. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi jumlah kortisol dalam aliran darah. Panas yang intens dalam proses pemanggangan biji kopi mengurangi kandungan zat yang mengubah kortisol dalam aliran darah ini.

  1. Memperbaiki mood dan fungsi otak

Minuman sehat ini juga memiliki manfaat untuk kondisi kesehatan lainnya, seperti memperbaiki suasana hati. Tak hanya itu, kopi hijau juga baik untuk mengatasi masalah kelelahan, serta meningkatkan fungsi otak. Terkait fungsi otak, kopi hijau dapat menurunkan risiko kondisi neurodegeneratif seperti penyakit parkinson dan alzheimer.

5. Menjaga kelembapan kulit

Ekstrak biji kopi hijau juga dapat meningkatkan kelembapan kulit dengan membantunya tetap terhidrasi. Asam klorogenat juga dapat membantu aliran darah ke kulit. Serta meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari efek berbahaya sinar UV.

6. Membantu detoksifikasi tubuh

Biji kopi yang belum dipanggang dapat membantu tubuh membuang limbah atau detoksifikasi. Aktivitas ini dapat membersihkan hati secara alami, membantu menghilangkan racun, kelebihan kolesterol, dan lemak yang tidak perlu. Hati yang sehat adalah indikasi metabolisme tubuh yang baik.

7. Menurunkan risiko kanker

Biji kopi hijau mengandung molekul pelawan kanker yang ampuh, terutama mencegah kanker usus besar. Asam klorogenat pada minuman ini dapat membantu mencegah pembentukan sel tumor. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait kopi hijau dan penyakit kanker.

Sumber: Halodoc.com

 

spot_img

Headline

Populer