24 C
Makassar
Thursday, October 17, 2024
HomePolitikProgram Prioritas MULIA 100 Hari Pertama, Pemilihan RT/RW

Program Prioritas MULIA 100 Hari Pertama, Pemilihan RT/RW

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Mulia) sudah menyiapkan program aksi penting untuk 100 hari pertama mereka bekerja.

Ada beberapa item program, salah satu adalah akselarasi Pemilihan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se-Kota Makassar.

Calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin memberkan program prioritas teraebut. Hal ini, dijadikan utama untuk segera direalisasikan dalam jangka pendek.

“Yang kita lakukan dalam 100 hari pertama adalah pemilihan Ketua RT dan RW. Ini program jangka pendek,” kata Appi saat kampanye dialogis di Tidung V, Kecamatan Rappocini, Sabtu (12/10/2024).

“Selain itu, kita lakukan adalah seperti pembentukan struktur SDM yang kita miliki di pemerintahan,” tambah mantan Chief Executive Officer PSM itu.

Lebih lanjut, Ketua DPD II Golkar Kota Makassar itu menjelaskan alasan pemilihan RT/RW masuk dalam program prioritas karena percepatan program visi-misi MULIA ditingkat bawah.

Menurutnya, RT/RW merupakan bagian dari Lembaga Kemasyarakatan dan unsur terkecil dalam pemerintahan yang memiliki tugas untuk memelihara kehidupan masyarakat yang berdasarkan atas asas kegotongroyongan.

“Karena seluruh program akan diprioritaskan ke wilayah masing-masing. Tentu yang membantu meningkatkan kelancaran tugas Pemerintahan dalam pembangunan dan kemasyarakatan. Kan itu RT/RW sangat dekat kepada masyarakat terutama dalam bidang pelayanan,” jelas Appi.

Dia menuturkan, RT/RW juga memiliki tugas untuk membantu dan menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat, memelihara kerukunan hidup warga, menyusun rencana, dan melaksanakan pembangunan berdasarjan aspirasi masyarakat.

“Jadi RT/RW sangat penting. Harus ada orang bertanggungjawab disana, mereka adalah RT/RW yang tau wilayah masing-masing, sebagai mitra pemerintah, sebagai bagian dari pemerintah di tingkat masyarakat,” tukasnya.

Appi berpandangan, kedudukan RT/RW menjadi suatu hal yang penting dan harus ditunjang dalam segi materiil melalui pemberian insentif bagi yang menjabat. Mereka bukan lagi berdasarkan penunjukkan, melainkan pemilihan seperti pemilihan pada umumnya.

“Kalau tidak dilaksanakan pemilihan maka, tidak sampai informasi program pemerintah nantinya, baik program jangka panjang dan program jangka menengah. Tentu ini kita lakukan,” tegas Appi.

“Yang paling penting dalam masa kerja kami 100 hari adalah kita akan konselidasikan semua elemen yang ada dalam tata kelola pemerintahan di Kota Makassar,” tambah paslon nomor 01 itu.

Sedangkan, Ketua Tim Pemenangan MULIA, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) secara singkat menyampaikan selama memimpin 10 tahun di Kota Makassar, ada perkembangan signifikan dari berbagai sektor.

“Namun, setelah saha melapaskan jabatan, tidak ada perkembangan apa-apa di kota ini. Ini yang jadi alasan pak Appi siapkan diri calon Wali Kota,” kata IAS.

“Persoalan siapa menjadi pemimpin kedepan, itulah takdir Allah SWT,” sambung mantan Wali Kota Makassar, dua periode itu.

spot_img
spot_img

Headline

spot_img