25 C
Makassar
Senin, Juli 4, 2022
BerandaRagamAnda Asam Urat ? Hindari 15 Makanan Pantangannya

Anda Asam Urat ? Hindari 15 Makanan Pantangannya

- Advertisement -

  1. Jeroan

Jeroan yang sering digunakan dalam soto ini adalah makanan penyebab asam urat yang perlu dihindari oleh penderita asam urat. Contohnya, organ hati pada hewan memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Jeroan lainnya yang mengandung purin seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal.

  1. Daging Merah

Beberapa kategori daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing, daging domba, dan daging kuda menjadi makanan pantangan asam urat karena dianggap tinggi purin.

Perlu diingat, daging angsa dan daging bebek juga termasuk ke dalam kategori daging merah. Jadi, perlu dihindari juga untuk penderita asam urat.

  1. Seafood

Seafood atau makanan laut adalah salah satu makanan penyebab asam urat karena mengandung purin. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari makanan laut bagi penderita penyakit ini.

Makanan laut yang mengandung purin, termasuk udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi. Seafoodyang diawetkan juga menjadi penyebabnya, yakni ikan kalengan seperti sarden dan seafood kalengan lainnya.

  1. Kedelai Olahan

Beberapa makanan dan minuman berbahan kedelai adalah tahu, tempe, tauco, susu kedelai, dan makanan berbahan kedelai lainnya.

BACA: 6 Cara Alami Mengatasi Asam Lambung

Sayangnya, pasien dengan penyakit asam urat harus membatasi konsumsi makanan kedelai olahan ini karena mengandung banyak purin. Padahal makanan favorit Indonesia ini selain harganya lebih murah, juga tinggi protein.

  1. Gula

Meskipun kandungan purin dalam gula rendah, Anda masih disarankan untuk tidak makan makanan yang mengandung gula. Selain dapat menyebabkan diabetes atau obesitas, konsumsi gula yang berlebihan dapat memperburuk gejala rematik dari penyakit asam urat. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindarinya.

Begitu pula mengonsumsi minuman yang mengandung fruktosa, karena dapat meningkatkan kadar asam urat. Jika ingin memanjakan lidah dengan sesuatu yang manis, Anda bisa makan buah-buahan segar.

BACA JUGA :  Waspadai Asam Urat, Bisa Berkembang Jadi Penyakit Berbahaya

spot_img
spot_img

Headline