28 C
Makassar
Kamis, Mei 19, 2022
BerandaRagamAnda Asam Urat ? Hindari 15 Makanan Pantangannya

Anda Asam Urat ? Hindari 15 Makanan Pantangannya

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Asam urat adalah peradangan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi. Gejalanya bisa muncul secara tiba-tiba yang menyebabkan ketidaknyamanan, sehingga penderitanya harus menghindari sejumlah penyebab.

Penderita asam urat disarankan untuk menjalani pantangan asam urat, yakni makanan yang mengandung banyak purin. Purin adalah zat yang ditemukan secara alami dalam tubuh, tetapi zat ini juga terkandung dalam makanan tertentu.

Purin merupakan zat yang diolah tubuh menjadi asam urat dan ini normal. Kadar asam urat yang normal tergolong aman, tetapi kadar asam urat dalam tubuh terlalu banyak akan menyebabkan ginjal kesulitan membuangnya melalui feses dan urine. Kondisi ini menyebabkan penumpukan kristal asam urat di persendian. Gejalanya termasuk nyeri sendi, pembengkakan, dan peradangan.

Mengingat purin adalah penyebab asam urat dan terkandung dalam makanan tertentu, maka benar-benar harus dihindari!

Berikut sejumlah makanan tertentu yang menjadi pantangan penderita asam urat:

  1. Bayam

Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah bayam. Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang menyehatkan karena mengandung banyak zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid.

Sayangnya, bagi orang yang menderita asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena memiliki kandungan purin tinggi. Menurut tabel makanan AcuMedico, bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.

  1. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran silangan yang tidak sering ditemukan di dalam makanan lain, tetapi sering kali disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk.

BACA: Tips Puasa bagi Penderita Asam Lambung

Kembang kol termasuk dalam daftar sayuran mengandung purin dengan jumlah yang tinggi, sehingga menjadi salah satu makanan penyebab asam urat. Masih menurut AcuMedico, purin yang terkandung di dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

  1. Asparagus

Asparagus mengandung banyak folat dan kalium yang bagus untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah berbagai penyakit.

Namun, asparagus juga merupakan salah satu sayur yang menjadi makanan pantangan asam urat karena mengandung banyak purin. Menurut AcuMedico, terdapat 23 gram purin dalam 100 gram asparagus.

  1. Jamur

Makanan yang bukan termasuk ke dalam sayuran ini dapat memicu asam urat karena sebanyak 100 gram jamur mengandung sekitar 92 sampai 17 gram purin. Tentu makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi untuk menghindari penumpukan asam urat pada sendi.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3