28 C
Makassar
Senin, Desember 5, 2022
BerandaParlemanAnwar Faruq : Al-Qur'an Harus Dipahami, Tidak Sekadar Dibaca Saja

Anwar Faruq : Al-Qur’an Harus Dipahami, Tidak Sekadar Dibaca Saja

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Anggota DPRD kota Makassar dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), anwar Faruq, S.Kom, mengatakan bahwa Al-Qur’an merupakan panduan hidup ummat muslim yang harus dipahi secara tuntas.

Sehingga, keberadaan Al-Qur’an tidak sekadar cukup untuk dibaca semata. Sebab, dengan memahami Al-Qur’an, diharapkan tidak ada lagi kerusuhan dan kegaduhan dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal itu disampaikan Anwar Faruq dalam kegiatan sosialisasi penyebarluasan peraturan perudang-undangan tahun anggaran 2021 angkatan kedua.

Dalam sosialisasi ini, Anwar memgangkat Peraturan Daerah (Perda) kota Makassar nomor 1 tahun 2012 tentang Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an, yang berlangsung di Hotel Grand Town, jalan Pengayoman, kita Makassar.

“Keberadaan Al-Qur’an ini kan sebagai panduan ummat muslim. Sehingga, sudah menjadi suatu kewajiban bagi ummat muslim untuk memahami dengan tuntas.”

“Jadi tidak hanya sekadar dibaca saja, tetapi harus dipahami. Supaya tidak ada kekeliruan, kesalahpahaman, kegaduhan, bahkan pertengkaran dalam bermasyarakat,” jelasnya.

Sementara menurut salag satu akademisi yang turut hadir sebagai naraaumber, Muammar Zainal LC, mengatakan bahwa mempelajari Al-Qur’an dan memahaminya secara utuh merupakan perintah agama.

Sehingga, mAnwar Faruqemahami Al-Qur’an merupakan kewajiban. Akan tetapi, setelah memahamu, tugas selanjutnya adalah berdakwah. Agar ajaran Tuhan bisa tersebar luas dan dipahami semua manusia.

“Setelah memahami, tugas kita adalah menyebarluaskan. Kita dianjutkan untuk berdakwah, agar arah kehidupan bisa lebih harmonis, toleransi bisa ditingkatkan, dan tentunya kenyamanan dan ketenteraman hidup bisa terwujud,” jelas pria yang akrab disapa Ammar tersebut.

Selain Muammar Zainal LC, Sosper ini juga dihari Fathullah Fathoni sebagai narasumber kedua, yang juga membahas seputar oendidikan Baca Tulis Al-Qur’an.

Sosialisasi Perda ini turut dihadiri konstituen Anwar Faruq, baik dari kalangan pemuda maupun orang tua, dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA :  Apiaty Amin Syam Terima Aspirasi Warga Losari
spot_img

Headline

Populer