22 C
Makassar
Thursday, June 20, 2024
HomeDaerahASN Pemkot Parepare Terpilih Jadi Informan Ahli Komisi Informasi Sulsel

ASN Pemkot Parepare Terpilih Jadi Informan Ahli Komisi Informasi Sulsel

PenulisLuki Amima
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – La Ode Arwah Rahman, ASN Pemkot Parepare terpilih sebagai informan ahli Komisi Informasi (KI). Ini setelah KI Pusat merelease nama-nama Informan Ahli untuk Kegiatan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Tahun 2022.

Berdasarkan Keputusan Komisi Informasi Pusat Nomor 03/KEP/KIP/III/2022, La Ode dinyatakan terpilih sebagai Informan Ahli mewakili unsur pemerintah untuk KI Provinsi Sulawesi Selatan. Keputusan ini ditandangani langsung oleh Ketua KI Pusat, Gede Narayana.

Selain La Ode juga terpilih sebagai Informan Ahli untuk KI Sulsel adalah Ishaq Rahman (mewakili badan publik dari Universitas Hasanuddin), La Tunreng (mewakili pengurus asosiasi usaha dari APINDO Sulsel), H. Muh Arif Saleh (mewakili pengurus asosiasi usaha dari Persatuan Konsultan Indonesia).

Selanjutnya, Khaeril Jalil (wakil masyarakat sipil dari LSM Komite Pemantau Transparansi Pemerintah dan Korupsi), Suryani (wakil masyarakat sipil dari Serikat Perempuan Angin Mamiri), Andi Jayadi Nur (mewakili pemerintah dari PTUN Makassar), Nurdin Amin (praktisi dari AJI Kota Makassar) serta Arman Arfah wakil pelaku usaha dari Asosiasi Petani dan Pengelola Rumput Laut Indonesia.

La Ode adalah satu satunya Informan Ahli yang berasal dari luar Kota Makassar. Ia mewakili unsur pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

Ketua Komisi Informasi Sulawesi Selatan, Pahir Halim, menjelaskan, nantinya para Informan Ahli akan memberikan penilaian dalam kegiatan wawancara yang dilakukan oleh kelompok kerja daerah dan diskusi kelompok terfocus, dalam rangka penyelenggaraan IKIP tahun 2022.

“Kesembilan Informan Ahli ini, telah melalui tahapan proses wawancara yang dilakukan KI Sulsel beberapa waktu lalu. Mereka bertugas memberikan penilaian terhadap implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 dalam kegiatan wawancara Kelompok Kerja Daerah,” kata Pahir Kamis (31/3/2022).

La Ode sendiri yang kini mejabat Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Ketenagakerjaan direkomendasikan oleh KI Sulsel karena dinilai memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup di bidang keterbukaan Informasi Publik.

Sebelumnya, La Ode adalah Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare yang mengelola PPID Pemerintah Kota Parepare. Tahun 2020 lalu PPID Pemerintah Kota Parepare berhasil terpilih sebagai juara pertama pada kegiatan pemeringkatan badan publik yang dilaksanakan oleh KI Sulsel.

Terpisah, La Ode berharap, keberadaan dirinya di jajaran Informan Ahli Sulsel pada ajang IKIP tahun 2022 semakin mendorong keterbukaan informasi publik di Sulawesi Selatan, yang dari tahun ke tahun terus menunjukkan tren peningkatan menggembirakan.

Program IKIP kata La Ode, merupakan program prioritas nasional untuk mengukur sejauhmana implementasi Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di 34 provinsi se-Indonesia.

“Program ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024,” tandasnya.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img