Awas..! Gantungan Baju Bisa Jadi Sumber Penyakit

SULSELEKSPRES.COM – Karena merasa masih bisa dipakai di waktu lain, kita terbiasa menggantung baju dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang lama. Tak disangka, kebiasaan ini ternyata bisa menjadi sumber penyakit lho.

Muncul pertanyaan, kok bisa yang gantungan baju mengundang sumber penyakit?. Berikut penjelasannya:

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gantungan baju yang terlalu banyak ternyata menjadi tempat favorit bagi nyamuk Aedes Aigypti. Selain itu, sudut-sudut rumah dan tirai jendela juga bisa menjadi tempat favorit nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD) ini. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu membersihkan atau merapikan gantungan baju agar tidak menumpuk dan menjadi sarang nyamuk.

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang kerap muncul di musim hujan seperti sekarang ini. Meskipun pemerintah sudah melakukan berbagai program pencegahan, tetap saja jumlah penderita demam berdarah di berbagai daerah masih tinggi.

Penyebab penyakit ini, tentu saja adalah gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang justru cenderung aktif di siang hari, yakni sekitar pukul 09.00 hingga 17.00. Padahal, di waktu inilah kita cenderung tidak terlindungi oleh pakaian tebal, obat nyamuk, atau bahkan lotion anti nyamuk.

Nyamuk Aedes Aegypty cenderung bertelur dan berkembang biak di genangan air yang tidak tersentuh tanah sehingga ada baiknya kita selalu rutin membersihkan bak kamar mandi, tempat penampungan air, atau berbagai tempat lain yang bisa memicu genangan air demi mencegah nyamuk ini berkembang biak.

Jika perlu, kita bisa memakai lotion anti nyamuk agar tidak mudah digigit penyakit ini. Hanya saja, ada baiknya kita berhati-hati saat memberikan lotion ini pada anak karena bisa jadi kulitnya tidak cocok dengan lotion tersebut dan akhirnyamengalami masalah kesehatan. Pastikan untuk memberikan lotion anti nyamuk yang memang diperuntukkan untuk anak-anak. Selain itu, saat tidur, pastikan anak berada di dalam kelambu agar tidak mudah digigit nyamuk.

BACA JUGA :  Mengapa Saat Demam Banyak Bekeringat ?