25 C
Makassar
Rabu, Desember 8, 2021
BerandaRagamAwas salah, Kenali 10 Cara Cuci Muka yang Benar

Awas salah, Kenali 10 Cara Cuci Muka yang Benar

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Meski aktivitas cuci muka terlihat seperti salah satu rutinitas paling sederhana yang umum dilakukan, mencuci wajah sebenarnya membutuhkan teknik yang tepat.

Pasalnya, kondisi kulit wajah orang tentu berbeda-beda. Terutama untuk kaum hawa yang gemar menggunakan alat kosmetik, sehingga perlu memperhatikan cara mencuci wajah dengan benar.

Berikut ini adalah berbagai cara cuci muka yang benar yang wajib Anda ketahui seperti dirangkum sulselekspres.com dari berbagai sumber.

1. Menghapus Make Up

Cara cuci muka yang benar berikut ini harus menjadi perhatian terutama pada wanita yang senang menggunakan make up. Sebelum mencuci wajah dengan air, Anda harus menghapus make up yang masih melekat pada wajah terlebih dahulu. Meski cara ini terlihat sederhana, beberapa wanita sering melewatkannya hingga tertidur dengan kondisi wajah dilapisi make up.

Pori-pori digunakan untuk mengeluarkan minyak dan keringat. Jika kondisinya tersumbat oleh make up, hal itu bisa mengganggu kesehatan kulit wajah. Cobalah metode pembersihan ganda, menggunakan natural oil dan cuci muka ringan untuk membantu membersihkan minyak.

2. Menggunakan Air Hangat

Salah mitos terkait cara cuci muka yang benar adalah terkait suhu air yang digunakan. Terdapat mitos yang mengatakan bahwa pori-pori ibarat pintu, air panas digunakan membuka pori, sedangkan air dingin digunakan untuk menutupnya.

Faktanya, suhu air yang ekstrem dapat menyebabkan iritasi kulit, sehingga air yang aman untuk digunakan untuk mencuci muka adalah air hangat.

3. Menggunakan Cleanser yang sesuai dengan Jenis Kulit

Saat menggunakan cleanser untuk membersihkan wajah, sebaiknya pertimbangkan dulu jenis kulit Anda (berminyak, kering, normal, atau kombinasi), kulit sensitif, cenderung berjerawat, atau memiliki kondisi kulit khusus (rosacea, eksim, atau psoriasis).

BACA: Tips Mengurangi Kebiasaan Memegang Wajah

Akan tetapi, jika Anda tidak mengetahui jenis kulit sendiri, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis kulit dan mencari tahu perawatan apa yang sesuai.

BACA JUGA :  Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Tubuh

4. Gunakan Sabun yang Lembut

Jika Anda tidak memiliki kulit sensitif, Anda mungkin bisa menggunakan berbagai jenis sabun yang ada di pasaran.Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif dan menggunakan sabun dengan kandungan yang keras, hal itu bisa menghilangkan hidrator alami dari kulit. Kondisi ini membuat wajah rentan terhadap peradangan dan kulit kering.

5. Membersihkan Wajah Sesuai Kondisi

Cara cuci muka yang benar berikut ini menyesuaikan dengan kondisi setiap orang. Idealnya Anda harus mencuci muka dua kali sehari (pagi dan malam hari), serta setelah berolahraga atau aktivitas lain yang memicu keringat berlebih.

BACA: Mudah Ditemukan, Ini 10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Mencuci wajah lebih dari dua kali sehari untuk menghilangkan kuman bukanlah kebutuhan bagi sebagian besar orang, kecuali mereka yang rentan terhadap infeksi kulit. Mencuci muka terlalu sering tidak hanya menyebabkan kulit kering dan teriritasi, tetapi juga dapat menyebabkan kulit memproduksi terlalu banyak minyak.

Di sisi lain, beberapa orang dengan kulit yang sangat kering atau sensitif menemukan bahwa mencuci hanya dua kali sehari dengan cleanser dapat mengiritasi kulit.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.352,9
EUR
16.178,2
JPY
126,4
KRW
12,2
MYR
3.391,5
SGD
10.510,6