32 C
Makassar
Jumat, Mei 20, 2022
BerandaEdukasiBaru Dilantik, Husain Syam Beri Gebrakan Baru

Baru Dilantik, Husain Syam Beri Gebrakan Baru

- Advertisement -
MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam, baru saja resmi dilantik di periode kedua jabatannya. Meski begitu, ia langsung menunjukkan gebrakan baru.
 
Sejumlah perencanaan matang di masa jabatannya empat tahun kedepan sudah tampak terang di depan mata. Saat ini ia hanya perlu menyusun struktur yang bakal membantunya bekerja satu periode kedepan.
 
Ia mengaku rencana-rencana besarnya tersebut lahir dari mimpinya yang ingin membawa UNM diperhitungkan di mata dunia.
 
Hal itu akan ia canangkan kedalam program kampus enterpreneur. Husain mengaku benar-benar ingin menjadikan UNM sebagai pusat edukasi dan studi enterpreneur di Indonesia, bahkan mancanegara.
 
“Saya punya mimpi membuat UNM ini menjadi kampus enterpreneur. Di mana ketika orang mencari hal-hal tentang enterpreneur, maka UNM lah yang mereka cari,” ujar Husain Syam.
 
“Saya mau orang dari Jawa, orang dari luar Sulawesi, luar negeri, ketika mereka ingin belajar enterpreneur, mereka harus datang ke UNM,” lanjutnya.
 
Hal itu dinilai tidak mustahil, sebab saat ini UNM memiliki sejumlah unit usaha mandiri yang mampu ia kembangkan dan siap memberi ruang kepada mahasiswa yang ingin memperdalam enterpreneur 
 
“Kuta punya La Macca, kita punya Kharisma, kita punya kantin, kita punya koperasi, punya banyak hal lagi yang bisa dijadikan tempat berproses mahasiswa. Jadi kampus enterpreneur ini kalau mau kita tetapkan sekarang sudah bisa sebenarnya,” bebernya.
 
Selain itu, Husain Syam juga langsung menggencarkan gerakan perubahan status UNM dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).
 
Untuk hal yang ini, Husain mengaku UNM sudah memenuhi empat dari lima syarat yang harus dipenuhi. Satu syarat itu juga sudah nyaris selesai, dan diprediksi tidak lewat dari tahun ini. Dengan begitu, UNM berpeluang menjadi PTNBH pada tahun 2021 mendatang.
 
“Sekarang UNM sudah memenuhi empat dari lima yang disyaratkan, dan itu tidak lama lagu selesai. Yang belum kita penuhi cuma 60% prodi harus akreditasi A, sementara kita baru 53%,” terangnya.
 
“Yang lain kita sudah penuhi. Kita punya. Finansial kita punya, jurnal penelitian internasional punya, mahasiswa berprestasi punya, kerjasama dengan perusahaan lain wah kita sudah banyak.”
 
“Jadi yang 52% itu akan kita selesaikan tahun ini, jadi tahun 2021 mudah-mudahan sudah bisa,” tegasnya.
 
Selain dua hal di atas, masih banyak hal yang dicanangkan Husain Syam untum UNM selama empat tahun kedepan.
 
BACA JUGA :  UNM Siap Tampung Mahasiswa Untad Korban Gempa
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3