31 C
Makassar
Senin, September 26, 2022
BerandaHealthBeragam Mood Booster untuk Mengusir Bad Mood

Beragam Mood Booster untuk Mengusir Bad Mood

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mood atau suasana hati, menjadi salah satu pendukung dalam beraktivitas. Tak jarang, banyak aktivitas yang terganggu, saat mood tidak stabil.

Ada beberapa mood booster yang dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati dengan cepat, dilansir dari aladokter.com di antaranya:

1. Berolahraga secara rutin

Banyak orang yang melakukan olahraga untuk memperbaiki suasana hati dan melepas beban pikiran. Olahraga diketahui dapat membantu otak memproduksi endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Selain itu, olahraga juga mampu membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan stamina, dan menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berolahraga secara rutin setidaknya 150 menit setiap minggunya.

2. Mengonsumsi makanan tertentu

Ada beberapa jenis makanan yang diketahui dapat menjadi mood booster, di antaranya:

Oatmeal, karena mengandung indeks glikemik rendah yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga mood menjadi lebih baik.

Ikan, karena mengandung omega-3 yang mampu memperbaiki kinerja otak sehingga mampu mengatasi gangguan mood dan depresi.

Pisang, karena mampu meningkatkan produksi hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood dan mengatasi depresi.

Cokelat hitam, karena mampu mengurangi kecemasan dan menurunkan produksi hormon stres. Metode ini disebut dengan meditasi cokelat.

3. Melakukan meditasi

Meditasi dipercaya dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi stres dan kecemasan. Ada berbagai jenis meditasi yang dapat Anda lakukan, seperti meditasi fokus, meditasi Kundalini, dan meditasi mindfulness. Anda bisa melakukannya selama 10–20 menit setiap harinya.

4. Mendengarkan musik

Musik dapat digunakan sebagai salah satu terapi relaksasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik mampu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan mood. Musik bahkan kerap digunakan sebagai terapi untuk mengatasi masalah kesehatan terkait gangguan emosional.

5. Tidur siang

Mengantuk dan pekerjaan yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab bad mood. Untuk mengatasinya, cobalah tidur siang selama beberapa saat. Tidur siang diketahui dapat memperbaiki mood, meningkatkan produktivitas, serta mengurangi kantuk saat bekerja.

6. Bermain dengan hewan peliharaan

Bila Anda memiliki hewan peliharaan, Anda bisa bermain dengannya untuk memperbaiki suasana hati. Penelitian mengungkapkan bahwa bermain dengan hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, dapat melepaskan hormon serotonin dan dopamin, yang membuat Anda lebih tenang dan rileks.

7. Berinteraksi dengan orang lain

Mood booster yang satu ini cukup sederhana untuk dilakukan. Saat sedang bad mood, luangkan waktu untuk curhat dengan teman atau keluarga dekat Anda. Mengungkapkan perasaan dan menjalin kontak sosial dengan orang lain adalah cara yang efektif untuk membuat Anda merasa lebih baik.

spot_img

Headline