24 C
Makassar
Jumat, Desember 2, 2022
BerandaHealthBerbagai Cara Menguatkan Mental saat Alami Perpisahan

Berbagai Cara Menguatkan Mental saat Alami Perpisahan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Untuk mengatasi perpisahan, setiap orang perlu belajar cara memenuhi kebutuhan, meratapi kehilangan, lalu menyiapkan masa depan yang lebih baik. Memang perpisahan umumnya berhubungan dengan pasangan dan keluarga, sebab sudah tidak sejalan lagi.

Hal yang penting dilakukan setelahnya adalah melihat kehidupan dari sudut yang berbeda dan menguatkan mental. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan mental pasca alami perpisahan:

1. Mengekspresikan Emosi yang Dirasakan

Langkah pertama agar cepat untuk pulih adalah mengekspresikan segala emosi yang sedang dirasakan. Selama proses ini, kamu bisa mengalami perasaan sangat sedih atau bahkan sangat marah, tetapi bisa juga ada perasaan lega.

Nah, beberapa perasaan lainnya yang bisa dirasakan, yaitu penyangkalan, penolakan, perasaan sakit, merasa terkhianati, takut, dan bahkan malu. Keluarkan semua perasaan tersebut, hingga akhirnya diri sudah siap menerimanya, tetapi jangan juga berlarut-larut.

2. Berikan Waktu untuk Beristirahat

Cobalah untuk memberikan diri waktu sejenak untuk menghilang dari keseharian. Sebab, bisa jadi kamu tidak cukup produktif untuk melakukan pekerjaan atau melakukan kegiatan lainnya dengan baik. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk menyembuhkan hati dan kumpulkan energi sebagai momentum.

3. Cari Orang Terdekat untuk Menemani

Cobalah untuk membagikan perasaan sedih dan terpukul dengan orang-orang terdekat, sehingga mampu melewati masa ini dengan lebih baik dan lebih cepat. Jangan mengisolasi diri sendiri karena dapat meningkatkan tingkat stres dan membahayakan mental secara keseluruhan.

Dengan mendapatkan bantuan dari orang lain dapat meringankan sebagian beban yang dirasakan. Makanya, segera hubungi keluarga atau teman terdekat saat mengalami perpisahan.

4. Jaga Diri secara Fisik dan Mental

Cobalah untuk tetap menjaga kesehatan diri selama kondisi pemulihan, dengan cara berolahraga, makan sehat, dan relaksasi. Hindari untuk membuat keputusan besar atau perubahan rencana dalam hidup. Jangan konsumsi alkohol atau obat-obatan untuk mengatasinya, sebab hanya membuat masalah lebih besar.

5. Berpikir Positif

Memang hal ini tidak mudah untuk dilakukan, terutama saat diri sedang terpuruk. Namun, cara yang bisa dilakukan adalah menemukan aktivitas dan teman baru, serta bergerak maju agar masa-masa kelam bisa dilalui dengan baik. Selain berpikir positif, lakukan juga segala kegiatan positif agar bisa merasa bersyukur.

Itulah beberapa cara menguatkan mental pasca alami perpisahan. Dengan melakukan semua tips yang disarankan, diharapkan kamu bisa keluar dari momen sedih dalam hidup tersebut. Semoga setelah itu ada pembelajaran yang bisa ditarik, sehingga lebih dewasa dalam menyikapi segala masalah.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer