31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaHealthBerbagai Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Selain mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan, daun sirih termasuk sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Kadarnya bahkan mencapai sekitar 85-90 persen.  Karena itulah tanaman ini rendah kalori dan rendah lemak.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal, berikut ulasannya:

Mengobati Diabetes

Ekstrak daun ini memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada pengidap diabetes mellitus tipe 2 yang baru didiagnosis. Kebanyakan obat antidiabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang. Akan tetapi, penelitian telah mengungkapkan bahwa obat herbal ini bekerja tanpa efek samping.

Obat herbal ini dapat menjadi sumber antioksidan untuk melawan kadar glukosa tinggi yang menghabiskan antioksidan pada tubuh pengidap diabetes.

Menjaga Kesehatan Gigi

Infeksi pada mulut dan gigi biasanya disebabkan oleh bakteri patogen. Mengunyah daun ini diyakini dapat menghentikan kuman berkembang biak dan beraksi.

Herbal ini banyak digunakan sebagai penyegar nafas dan sebagai alternatif obat untuk infeksi pada mulut atau gigi. Herbal ini juga dapat mencegah gigi berlubang dengan mencegah bakteri memproduksi asam.

Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Senyawa saponin yang terkandung dalam sirih merah bekerja sebagai antioksidan. Zat ini sangat membantu untuk mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, tanin pada obat herbal ini dapat memproduksi kolagen (protein yang memberikan elastisitas tekstur pada kulit). Alhasil, tepi luka akan berkontraksi dan menutup karena kolagen.

Dapat Mencegah Batuk dan Hidung Mampet

Dalam pengobatan tradisional, daun ini dapat meredakan batuk. Daun inii bisa direndam dalam minyak, dihangatkan, lalu dioleskan ke dada untuk mengurangi hidung mampet. Jus daun sirih dengan madu dapat diberikan kepada anak-anak untuk menghilangkan batuk berdahak.

Menjaga Saluran Pencernaan

Daun sirih merah dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi beberapa saluran udara pada saluran pencernaan. Pembentukan lendir akan melindungi lambung dan dinding usus dari bahaya yang mungkin terjadi karena berbagai hal.

Daun ini sangat baik dalam meredakan gejala GERD, mengurangi ketidaknyamanan perut, dan melindungi usus dari bahan kimia berbahaya dan radikal bebas. Daun sirih juga dapat menormalkan tingkat keasaman lambung sehingga mengobati maag, mengatasi kenaikan refluks asam lambung, dan mengatasi rasa sakit akibat kembung.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline