31 C
Makassar
Kamis, Juni 30, 2022
BerandaHealthBerbagai Manfaat Semangka untuk Kulit yang Lebih Cantik

Berbagai Manfaat Semangka untuk Kulit yang Lebih Cantik

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Nutrisi dari semangka memang kerap menjadi pilihan yang sangat baik terkait manfaatnya. Semangka telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit. Konsumsi dari obat ini dapat memberikan nutrisi pada kulit hingga melembapkan dan bahkan mencerahkan. Maka dari itu, sangat disarankan untuk lebih sering mengonsumsi semangka dengan cara memasukkannya ke menu makanan harian.

Lalu, apa saja sih manfaat semangka untuk kulit yang perlu diketahui? Berikut beberapa daftarnya:

1. Membuat Kulit Lebih Mulus

Salah satu manfaat semangka untuk kulit adalah mampu membuat bagian terluar dari tubuh ini menjadi lebih mulus. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C yang dapat memproduksi lebih banyak kolagen pada tubuh. Rangsangan produksi kolagen dapat menebalkan kulit dan memperbaiki garis-garis halus. Dengan begitu, kulit menjadi lebih mulus.

Vitamin C pada semangka juga dapat menstabilkan kandungan kolagen yang ada untuk mendapatkan manfaat jangka panjang yang serius. Jadi, vitamin C tidak hanya dapat meminimalkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit, tetapi juga mencegahnya agar tidak timbul kembali. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi semangka secara rutin agar kulit lebih cantik.

2. Menghidrasi Kulit

Seperti yang diketahui banyak orang, semangka kaya akan kandungan air. Jumlah air yang banyak ditambah dengan kandungan vitamin E dan vitamin C di dalamnya dapat berguna sebagai pelembap. Kombinasi vitamin E untuk menghidrasi dan vitamin C untuk menjaga kelembapan sangat baik untuk kecantikan kulit. Maka dari itu, jika ingin merasakan manfaat semangka untuk kulit, pastikan lebih banyak makan semangka.

3. Melindungi dari Kerusakan Akibat Radikal Bebas
Manfaat semangka untuk kulit lainnya adalah mampu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Kombinasi kandungan vitamin C dan E sangat baik untuk mengelola atau meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari. Sifat antioksidan dari vitamin E juga mampu memberikan perlindungan terhadap kerusakan dari radikal bebas, seperti radiasi UV.

4. Menimbulkan Sifat Menenangkan

Bukan hanya bagian dagingnya, ternyata kulit semangka juga dapat memberikan manfaat untuk kulit. Bagian ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu untuk meringankan eritema dan mengurangi terjadinya peradangan. Kulit semangka dapat diterapkan sebagai masker atau ditempelkan pada area yang meradang, bisa akibat rosacea dan sengatan matahari.

Untuk mendapatkan manfaat dari kulit semangka ini, kamu bisa menerapkannya sebagai masker wajah. Pertama-tama, pisahkan daging semangka dari kulitnya. Setelah itu, iris kulit tersebut dan masukkan ke lemari es. Setelah 10 menit, iris tipis dan oleskan ke area yang mengalami iritasi atau peradangan. Diharapkan masalah yang ada dapat menjadi lebih baik.

Itulah beberapa manfaat semangka untuk kulit yang perlu diketahui. Setelah mengetahui semua manfaatnya, diharapkan kamu lebih sering mengonsumsi semangka agar kulit menjadi lebih cantik. Baik pria maupun wanita pasti ingin memiliki kulit yang mulus dan cerah tanpa perlu penggunaan produk perawatan. Maka dari itu, lakukan cara alami ini setiap hari.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline