29 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaDaerahBeri Kepastian Hukum untuk Warga, Iwan Asaad Apresiasi Program PTSL

Beri Kepastian Hukum untuk Warga, Iwan Asaad Apresiasi Program PTSL

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare, Iwan Asaad, menghadiri Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang digelar Kantor Pertanahan Parepare Tahun Anggaran 2023, di Balai Ainun, Kamis (19/1/2023).

Kepala Kantor Pertanahan Parepare, Aspar mengatakan, tahun ini pihaknya menangani 401 bidang tanah.

“PTSL ini perlu pendampinginan, dan kami berharap paling cepat bulan Juni sudah selesai. Oleh karena itu, kami meminta bantuan dan dukungan semua pihak terutama calon peserta untuk melancarkan program ini,” katanya.

Aspar menambahkan, selain PTSL, pihaknya juga tengah gencar memverifikasi sertifikat wakaf milik warga, yang kini tengah berjalan.

“Targetnya bisa diserahkan pada bulan suci Ramadan dari masjid ke masjid,” ujarnya.

Sementara, Iwan menjelaskan, ini merupakan wujud koordinasi sebelumnya sebagai bagian melaksanakan amanah yang diberikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

“Kita dibutuhkan karena amanah itu masih ada, maka kita harus menjalankan amanah itu dengan baik dan maksimal,” katanya.

Iwan menjelaskan, kehadiran program PTSL ini patut diapresiasi karena memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, yang memiliki tanah tetapi belum memiliki sertipikat.

“Saat ini masih banyak warga yang tidak memiliki sertipikat karena melengkapi kelengkapan yang dibutuhkan. Bisa jadi mereka tidak paham, makanya dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi untuk memberikan pemahaman,” jelasnya.

Iwan pun meminta camat dan lurah untuk memberi dukungan kepada warga dalam melengkapi dokumen atau kelengkapan yang dibutuhkan dan memberikan solusi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kajari Parepare Didi Hariyono, pihak Polres dan Pengadilan Negeri, sejumlah camat maupun lurah, serta ketua-ketua RW/RT.

BACA JUGA :  Wakil Wali Kota Harap PWI Jadi Mitra Pemerintah dan Kontrol Sosial
spot_img

Headline

Populer