25 C
Makassar
Rabu, Januari 19, 2022
BerandaEdukasiBPPMPV KPTK Sharing Session Teaching Factory dan Sertifikasi

BPPMPV KPTK Sharing Session Teaching Factory dan Sertifikasi

- Advertisement -

MAKASSAR,SULSELEKSPRES.COM– Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK), menggelar sharing session terkait peningkatan mutu sumberdaya manusia kelautan dan perikanan melalui sistem teaching factory dan sertifikasi, yang berlangsung di Hotel Harper Makassar, Sabtu (27/11/2021).

Salah satu Perguruan Tinggi Politeknik KP Bone diwakilkan Kepala Unit Humas dan Kerjasama Muhammad Syahrir, SP., M.Si bersama Kepala Unit SPMI Budiyati, A.Pi.,M.Si menghadiri kegiatan pelatihan pengembangan Teaching Factory (TEFA) tersebut.

Tak hanya itu, Pelatihan pengembangan juga melibatkan 145 orang peserta yang berasal dari Guru SMK yang tersebar se- Indonesia yang diselenggarakan mulai 23 November sampai 1 Desember 2021.

BACA JUGA :  BEM UNM Nilai Penetapan Biaya KKN Cacat

Kehadiran perwakilan Politeknik KP Bone ini dalam rangka memenuhi undangan dari BPPMPV KPTK untuk sosialisasikan pendidikan vokasi Politeknik KP Bone sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama yang telah disepakati melalui penandatangan Pernyataan Bersama antara Plt. Kepala BPPMPV KPTK dan Direktur Politeknik KP Bone, sejak (12/11/2021) lalu.

Muhammad Syahrir mengatakan Polliteknik KP Bone berkomitmen sesuai dengan amanah Menteri Kelautan Perikanan peningkatan SDM dengan merekrut 55% peserta didik berasal dari anak pelaku utama yakni nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar ikan.

“Taruna/i yang berasal dari jalur khusus tersebut akan mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah selama mengenyam pendidikan di Poltek KP Bone, termasuk pakaian, akomodasi, dan konsumsi,” katanya saat ditemui sulselekspres.

BACA JUGA :  Sangat Memuaskan, Kasubag Humas DPRD Makassar Sandang Gelar Megister

Lebih lanjut, Muhammad Syahrir, mengharapkan melalui sosialisasi diharapkan Politeknik KP Bone semakin dikenal luas khususnya di Sulawesi Selatan dan sekitarnya sehingga dapat mengembangkan kontribusi dalam pendidikan vokasi bidang kelautan dan perikanan.

Hal senada juga disampaikan oleh Budiyati, Dia mengungkapkan untuk menjamin kompetensi taruna, maka lulusan TUK Poltek KP Bone melakukan sistem sertifikasi yang juga bertujuan untuk memberikan kepercayaan diri bagi lulusan dalam berkiprah di dunia kerja nantinya.

Dijelaskan, Budiyati, Bone juga memberi peluang kepada siswa SMK dan masyarakat luas untuk diuji dan mendapatkan sertifikat kompetensi.

BACA JUGA
PenulisYusnadi

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6